Kunjungan Smkn 2 Yogyakarta Ke Pvmbg

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi (BG) pada hari Rabu tanggal 26 Oktober 2022 menerima kunjungan dari SMKN 2 Yogyakarta. Tim SMKN 2 Yogyakarta terdiri – dari siswa Kelas XII dengan kompetensi keahlian Teknik Geomatika dengan didampingi oleh para guru. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan industri dan salah satu instansi yang dikunjungi di Kota Bandung adalah PVMBG. Tim SMKN 2 Yogyakarta tersebut diterima di ruang monitoring lantai 1 dan disambut oleh Bapak Supartoyo, Ibu Heruningtyas dan Ibu Enny Ermiyati.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui tugas dan fungsi dari PVMBG dalam melakukan upaya mitigasi bencana geologi yaitu letusan gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah. Pada kesempatan tersebut Bapak Supartoyo menjelaskan tentang tugas dan fungsi dari PVMBG yang berkaitan dengan mitigasi gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah. Sementara itu Ibu Heruningtyas Desi Purnamasari memberi penjelasan berkaitan dengan tugas dan fungsi PVMBG  dalam melakukan mitigasi gunung api. Kami menjelaskan bahwa daerah Yogyakarta merupakan daerah rawan bencana geologi, karena di daerah tersebut terdapat sumber pembangkit bencana geologi, yaitu : Gunung Merapi sebagai sumber erupsi letusan gunung api, zona subduksi yang terletak di Samudera Hindia selatan Yogyakarta sebagai sumber gempa bumi dan sumber pembangkit tsunami (tsunamigenic), sesar Opak yang terletak di daratan Yogyakarta sebagai sumber gempa bumi, serta perbukitan bergelombang hingga terjal yang tertutup oleh pelapukan batuan yang rentan terjadi gerakan tanah dipicu oleh curah hujan tinggi dan guncangan gempa bumi kuat.

Para siswa meski terlihat kelelahan, namun antusias dalam mengikuti pemaparan tentang tugas pokok dan fungsi PVMBG dalam melakukan upaya mitigasi bencana geologi. Mereka mengajukan cukup banyak pertanyaan berkaitan dengan bencana geologi yaitu letusan gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah. Para siswa dan bapak/ ibu guru yang mendampingi mengucapkan terima kasih kepada PVMBG yang telah menerima kunjungan dan penjelasan berkaitan dengan mitigasi bencana geologi. Hal ini menambah wawasan dan pengetahuan mereka berkaitan dengan mitigasi bencana geologi untuk dapat diaplikasikan pada pembelajaran di sekolah. Bapak/ ibu guru mengharapkan bahwa pada kesempatan lain agar PVMBG dapat memberikan ilmu lagi sebagai pengajar tamu di SMKN 2 Yogyakarta. Kunjungan ini diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama di depan kantor PVMBG.

yogya-1

Gambar 1. Siswa kelas XII SMKN 2 Yogyakarta didampingi para guru diterima oleh PVMBG di ruang monitoring lantai 1.

yogya-2

Gambar 2. Bapak Supartoyo sedang menjelaskan tentang mitigasi gempabumi, tsunami dan gerakan tanah.

yogya-3

Gambar 3. Ibu Heruningtyas sedang menjelaskan tentang mitigasi gunung api.

yogya-4

Gambar 4. Salah seorang siswa mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gunung api.

yogya-5

Gambar 5. Bapak Guru juga mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gunung api dan gempa bumi.

yogya-6

Gambar 6. Foto bersama setelah kegiatan pemaparan tugas dan fungsi PVMBG.

 

Penulis

Yana Karyana (HUMAS PVMBG)

Sumber Foto : Supartoyo