Sumber Gempa Bumi Zona Penunjaman Busur Sunda

Sumber gempa bumi zona penunjaman Selat Sunda dan Jawa Barat saat ini sedang aktif. Hal ini dibuktikan dengan serangkaian kejadian gempa bumi mulai tanggal 14 Januari 2022 dengan magnitudo (M 6,7) yang mengakibatkan bencana di Provinsi Banten, hingga kejadian gempa bumi tanggal 16 Maret 2022 dengan magnitudo (M 5,5). Zona penunjaman merupakan salah satu sumber gempa bumi utama di Indonesia yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng samudera Indo-Australia dan lempeng benua Eurasia sekitar 65 juta tahun yang lalu di wilayah Indonesia bagian barat dan masih aktif hingga kini. Selain di barat Sumatera dan selatan Jawa, zona penunjaman terdapat di utara Sulawesi, timur Sulawesi Utara dan barat Halmahera, timur laut Halmahera dan Morotai dan utara Papua (Gambar 1). Zona penunjaman terbagi menjadi zona megathrust yaitu zona penunjaman pada bagian atas dengan kedalaman kurang dari 40 km, dan zona intraslab dengan penunjaman pada kedalaman lebih dari 40 km. Zona penunjaman yang membentang mulai dari barat Pulau Sumatera, selatan Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara dikenal sebagai busur Sunda (Gambar 2). Zona penunjaman Busur Sunda yang terletak di selatan Selat Sunda, Banten dan Jawa Barat saat ini sedang aktif yang dibuktikan dengan sering terjadi gempa bumi.

Pada hari Jum'at, tanggal 14 Januari 2022, pukul 16:05:41 WIB, terjadi gempa bumi bersumber dari zona interface yang merupakan bidang gesek bagian atas antara lempeng samudera Indo-Australia dan lempeng benua Eurasia. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi pusat gempa bumi terletak di laut pada koordinat 105,26° BT dan 7,01° LS, berjarak sekitar 52 km barat daya Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, dengan magnitudo M 6,7) pada kedalaman 44 km. Kejadian gempa bumi ini mengakibatkan terjadinya bencana di daerah Banten.

Selanjutnya pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2022 pukul 10:00:01 WIB daerah Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang oleh gempa bumi dengan magnitudo (M 5,5) dan kedalaman 54 km. Menurut informasi dari BMKG, lokasi pusat gempa bumi terletak di Samudera Hindia pada koordinat 106,94o BT dan 7,94o LS. Kejadian gempa bumi ini diperkirakan juga bersumber dari aktivitas zona penunjaman.

Zona penunjaman pada busur Sunda terutama yang terletak di selatan Selat Sunda, Banten dan Jawa Barat saat ini sedang aktif ditandai dengan beberapa kejadian gempa bumi. Gaya tektonik yang bekerja pada daerah ini diperkirakan sedang pada tahapan untuk pelepasan energi yang ditandai sering terjadianya gempa bumi.

Kejadian gempa bumi hingga kini belum dapat diramal menyangkut waktu, besaran dan lokasinya, sehingga upaya terbaik yang dapat dilakukan adalah melalui upaya mitigasi yang dilakukan secara struktural dan non struktural. Hanya dengan upaya mitigasi risiko dari kejadian gempa bumi terutama yang bersumber dari zona penunjaman Busur Sunda ini akan dapat dikurangi atau diminimalisir. Semoga!

 

sahabet

Bujur-1

Gambar 1. Peta sebaran sumber gempa bumi zona penunjaman di Indonesia  (Pusgen, 2017).

 

Bujur-2

Gambar 2. Zona penunjaman Busur Sunda dengan beberapa kejadian gempa bumi magnitudo besar (Mukti dan Aribowo, 2017).

mobilbahis giriş