Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Data Gempa Bumi Dan Tsunami Badan Geologi Untuk Pengambil Keputusan Di Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada hari Selasa tanggal 14 Desember 2021 melakukan kegiatan sosialisasi untuk para pengambil keputusan (stake holder) di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan kerjasama antara PVMBG dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah. Lokasi kegiatan ini bertempat di ruang Andesit pada Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, jalan Madukoro Blok AA-BB nomor 44, Kota Semarang. Kegiatan sosialisasi ini mengambil tema : pemanfaatan data dan informasi gempa bumi dan tsunami Badan Geologi (BG) untuk mendukung upaya mitigasi dan penataan ruang di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai perwakilan Pemerintah Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah. Tujuannya agar para pengambil keputusan Pemerintah Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah dapat memahami, memanfaatkan data dan informasi gempa bumi dan tsunami dari BG untuk mendukung pelaksanaan upaya mitigasi dan masukan pada penataan ruang.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah (Bapak Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si) yang menyatakan perlu adanya suatu langkah/upaya untuk melakukan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Jawa Tengah. Upaya Mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami tersebut dapat dilakukan antara lain melalui kerjasama lintas institusi dan lembaga termasuk pemerintah pusat dalam hal ini PVMBG, BG dalam mengidentifikasi potensi dan risiko bencana pada skala detil (dimulai dari pengenalan sumber bencana dan analisis risiko terdampak), sehingga pada akhirnya hasil penelitian dan pemetaan tersebut dapat digunakan sebagai referensi pemerintah daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam penataan ruang di wilayah masing-masing. Selanjutnya sambutan dan pembukaan oleh Kepala PVMBG, BG (Ibu Ir. Andiani, MT.). Dalam sambutannya Ibu Kapus menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan amanah dari Pemerintah yang menyatakan bahwa PVMBG, BG mempunyai tugas untuk melakukan kegiatan penyelidikan, pelayanan dan sosialisasi berkaitan dengan mitigasi bencana geologi (mitigasi gunungapi, mitigasi gempa bumi/ tsunami, dan mitigasi gerakan tanah). Kegiatan sosialisasi gempa bumi/ tsunami mengambil lokasi di Semarang dengan pertimbangan bahwa wilayah Jawa Tengah tergolong rawan bencana gempa bumi dan tsunami. PVMBG mencatat bahwa di wilayah Jawa Tengah telah terjadi 31 kejadian gempa bumi merusak sejak tahun 1821 hingga sekarang dan empat diantaranya telah memicu kejadian tsunami yaitu tahun 1904, 1921, 1957 dan 2006.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata sebagai rasa terima kasih PVMBG kepada Kepala Dinas ESDM Propinsi Jawa Tengah yang telah membantu sepenuhnya sehingga sosialisasi dapat terlaksanakan dengan lancar dan sukses. Selanjutnya merupakan acara pokok yaitu pemaparan sesi I yang disampaikan oleh Dr. Supartoyo (Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami) dengan moderator Dr. Akhmad Solikhin, DEA (Sub Koordinator Wilayah Indonesia Barat) dengan judul Data Tanggap Darurat dan Penyelidikan Gempa Bumi/Tsunami di Jawa Tengah. Selesai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Para peserta menanyakan tentang kriteria gempa bumi merusak, kegiatan tanggap darurat dan tentang sesar aktif terutama di wilayah Jawa Tengah. Beberapa peserta masih melanjutkan diskusi dengan narasumber setelah acara selesai.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan sesi II dengan 2 (dua) pemateri yaitu Dr. Akhmad Solikhin dengan judul materi : Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gempa Bumi Provinsi Jawa Tengah, dan yang kedua oleh Imun Maimunah, S.T., M.T (Sub Koordinator Wilayah Indonesia Timur) dengan judul materi : Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Tsunami Provinsi Jawa Tengah. Bertindak sebagai moderator pada sesi kedua ini adalah Dr. Supartoyo. Selesai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab hingga pukul 12.20 WIB. Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, dibuktikan dengan menanyakan tentang kriteria penyusunan Peta KRB Gempa Bumi dan Peta KRB Tsunami, parameter apa yang dipergunakan, bagaimana cara memperolehnya, apa makna masing-masing tingkatan KRB Gempa Bumi dan Tsunami. Beberapa peserta masih melanjutkan diskusi dengan narasumber setelah acara selesai.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan baik dan lancar. Peserta mengikuti hingga acara selesai. Peserta aktif bertanya kepada para narasumber yang berkaitan dengan data dan informasi gempa bumi dan tsunami Badan Geologi (BG). Beberapa peserta mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan untuk tingkat Kabupaten/ Kota dengan membahas bencana geologi lainnya seperti gunungapi dan gerakan tanah. Hal ini menjadi catatan bagi rencana kerja PVMBG untuk tahun – tahun berikutnya. Selanjutnya dilakukan pembacaan resume hasil sosialisasi dan acara ditutup oleh Dr. Supartoyo pada pukul 12.30 WIB. (MAJP & Pty)

 

jateng-1

Gambar 1. Koordinasi dan diskusi sebelum kegiatan sosialisasi antara tim PVMBG (sebelah kanan) dengan tim Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah (sebelah kiri).

 

jateng-2

Gambar 2. Ruang andesit di Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah tempat kegiatan sosialisasi.

 

jateng-3

Gambar 3. Sambutan acara sosialisasi oleh Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah  (Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si) yang dihadiri perwakilan dari Cabang Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah dan BPBD Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah.

jateng-4

Gambar 4. Sambutan sekaligus membuka acara sosialisasi oleh Kepala PVMBG (Ibu Ir. Andiani, MT).

jateng-5

Gambar 5. Pemberian Cinderamata, Peta KRB Gempa Bumi dan Tsunami, Buku Katalog Gempa Bumi Merusak di Indonesia oleh Kepala PVMBG kepada Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

jateng-6

Gambar 6. Pesentasi sesi I oleh Dr. Supartoyo dari PVMBG dengan judul data tanggap darurat dan penyelidikan pasca gempa bumi/ tsunami di Jawa Tengah.

jateng-7

Gambar 7. Presentasi sesi II oleh Dr. Akhmad Solikhin dengan judul Peta KRB Gempa Bumi Provinsi Jawa Tengah, dilanjutkan oleh Imun Maimunah,ST., MT. dengan judul Peta KRB Tsunami Provinsi Jawa Tengah.

jateng-8

Gambar 8. Peserta sosialisasi mengikuti kegiatan dengan antusias hingga acara selesai.