Geoshare

GeoShare@2x

GeoShare adalah pendekatan atau strategi menggunakan kolaborasi pentahelix dalam mitigasi bencana gerakan tanah. Strategi ini diwujudkan dalam suatu program berbagi peran dalam penyiapan bahan pemberian rekomendasi guna meningkatkan pelayanan mitigasi bencana geologi.

Pemilihan nama GeoShare dilatarbelakangi bahwa inisiatif ditujukan untuk penanganan bencana geologi yang dilakukan oleh PVMBG sebagai bagian dari Badan Geologi, dan mengusung tema kolaborasi.

GeoShare merupakan gabungan dari kata geo dan share. Geo adalah singkatan dari kata geologi yang berarti ilmu yang mempelajari kebumian beserta seluruh proses yang terjadi di dalamnya. Share bermakna kolaborasi atau berbagi peran dalam menyelesaikan rekomendasi guna meningkatkan pelayanan mitigasi bencana geologi.

Sebagai awal, kolaborasi dilaksanakan antara PVMBG dan perwakilan BPBD (11 BPBD Kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan 2 BPBD Provinsi) dengan perwakilan Perguruan Tinggi (ITB, UNPAD, dan UGM). Pilot project ini diharapkan dapat berjalan lancar dan berkembang untuk menambah BPBD, Perguruan Tinggi, dan pemangku kepentingan lain dalam kebencanaan khususnya gerakan tanah.

GeoShare merupakan inovasi dalam mitigasi bencana, mengusung percepatan rekomendasi mitigasi gerakan tanah melalui kolaborasi penyiapan bahannya, diharapkan menjadi perbaikan dalam pelayanan publik yang dilakukan secara bersama-sama.

 

Unduh dokumen Program GeoShare di sini.