Laporan Kebencanaan Geologi, 19 Maret 2022

esdm_kecil

Hari ini, Sabtu 19 Maret 2022, Bencana Geologi yang terjadi sebagai berikut:

 

1. GUNUNG API 

No.

Gunungapi

Status

Visual

Kegempaan

Rekomendasi

1

Semeru

(Jawa Timur)

SIAGA

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah utara, timur laut dan barat daya. Suhu udara sekitar 21-30°C. Teramati letusan dengan tinggi sekitar 500 m warna asap putih kelabu condong kearah barat daya.

 

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 75 kali gempa Letusan/Erupsi

- 5 kali gempa Hembusan

- 1 kali gempa Harmonik

- 1 kali gempa Tektonik Lokal

- 3 kali gempa Tektonik Jauh

 

●  Tidakmelakukanaktivitasapapun di sektortenggara di sepanjangBesukKobokan, sejauh 13 km daripuncak (pusaterupsi). Di luarjaraktersebut, masyarakattidakmelakukanaktivitas pada jarak 500 meter daritepisungai (sempadansungai) di sepanjangBesukKobokankarenaberpotensiterlandaperluasanawanpanas dan aliran lahar hinggajarak 17 km daripuncak.

●  Tidakberaktivitasdalam radius 5 Km darikawah/puncakGunungApiSemerukarenarawanterhadapbahayalontaran batu (pijar)

●  Mewaspadaipotensiawanpanasguguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjangaliransungai/lembah yang berhulu di puncakGunungApiSemeru, terutamasepanjangBesukKobokan, Besuk Bang, BesukKembar, dan Besuk Sat sertapotensi lahar pada sungai-sungaikecil yang merupakananaksungaidariBesukKobokan

 

2

Merapi

(DIY dan Jawa Tengah)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 10-80 meter dari puncak. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga sedang kearah timur dan barat. Suhu udara sekitar 14,5-27°C. Teramati 1 kali guguran lava dengan jarak luncur 1000 m ke arah barat daya.

Gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 56 kali gempa Guguran

-     2 kali gempa Hembusan

- 58 kali gempaHybrid/Fase Banyak

- 20 kali gempaVulkanik Dangkal

-     4 kali gempa Tektonik Jauh

 

 

●  Potensibahayasaatiniberupaguguran lava dan awanpanas pada sektorselatan-barat dayameliputi Sungai Boyongsejauhmaksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebengsejauhmaksimal 7 km. Pada sektortenggarameliputi Sungai Worosejauhmaksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkanlontaran material vulkanikbilaterjadiletusaneksplosifdapatmenjangkau radius 3 km daripuncak.

Masyarakat agar tidakmelakukankegiatanapapun di daerahpotensibahaya.

●  Masyarakat agar mengantisipasigangguanakibatabuvulkanikdarierupsiGunung Merapi sertamewaspadaibahaya lahar terutamasaatterjadihujan di seputar G. Merapi.

3

Ili Lewotolok

(Nusa Tenggara Timur)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal tinggi sekitar 50-600 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah kearah timur, tenggara dan barat. Suhu udara sekitar 24,2 -27,4°C. Terjadi letusan disertai gemuruh dan dentuman dengan intensitas lemah, dan lontaran lava pijar.

Gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma sertaaktivitastektonik.

-  23 kali gempa Letusan/Erupsi

- 127 kali gempa Hembusan

-    4 kali gempa Harmonik

-  19 kali gempa Tremor Non-Harmonik

-   1 kali gempa Vulkanik Dalam

-   3 kali gempa Tektonik Jauh

-   3 kali gempaTremor Menerus, amplitudo 0.5-1 mm (dominan0.5 mm)

●  Masyarakat di sekitarG.IliLewotolokmaupunpengunjung/pendaki/wisatawandirekomendasikan agar tidakmelakukanaktivitas di dalam radius 3 km daripuncak/kawahG.IliLewotolok, dan 4 Km di sektortenggara.

●  Masyarakat DesaJontona agar selalumewaspadaipotensiancamanbahayalongsoran material lapuk yang dapatdisertai oleh awanpanasdaribagiantenggarapuncak/kawahG.IliLewotolok.

 

4

Sinabung

(Sumatera Utara)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal tinggi sekitar 50-300 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga kencang kearah timur dan tenggara. Suhu udara sekitar 16-22°C

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma sertaaktivitastektonik.

- 1 kali gempa Hybrid/Fase Banyak

- 2 kali gempa Vulkanik Dalam

- 2 kali gempa Tektonik lokal

- 2 kali gempaTektonik Jauh

 

●  Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidakmelakukanaktivitas pada desa-desa yang sudahdirelokasi, sertalokasi di dalam radius radial 3 km daripuncakG.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuksektorselatan-timur, dan 4 km untuksektortimur-utara dan barat.

5

Ile Werung/Hobal

(Nusa Tenggara Timur)

WASPADA

Gunungapi tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca hujan anginlemah kearah timur. Suhuudarasekitar 23-30°C.

Gempaterkaitaktivitastektonik.

- 1 kali gempa Terasa, skala I MMI

- 6 kali gempa Tektonik Jauh

●  Masyarakat direkomendasikanuntuksementarawaktu agar menghindaraktifitas di sekitarpantai di area lokasibualan dan menghindarberlayar/melaut di sekitar area tersebut, untukmengantisipasipotensiperubahan/kenaikanmuka air laut.

 

6

Sirung

(Nusa Tenggara Timur)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga kencang ke arah timur. Suhu udara sekitar 26-30°C.

Gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- Nihil

●  Masyarakat di sekitar G. Sirungmaupunpengunjung/wisatawandirekomendasikan agar tidakmelakukanaktivitas di dalam radius 1,5 km daripuncak/kawah G. Sirung.

 

7

Karangetang

(Sulawesi Utara)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 25 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah barat daya dan barat. Suhu udara sekitar 21-28°C. Asap kawah dua berwarna putih dengan intensitas sedang tinggi sekitar25 meter dari puncak.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 3 kali gempa Hembusan

- 5 kali gempaTektonik Jauh

 

●  Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidakmendekati, tidakmelakukanpendakian dan tidakberaktivitas di dalam zona prakiraanbahayayaitu radius 1,5 km daripuncakKawahDua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasansektoralkearah Barat sejauh 2,5 km sertasepanjang kali Malebuhe.

 

8

Anak Krakatau

(Lampung)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut.Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 25-100 meter dari puncak. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah kearah timur laut. Suhu udara sekitar 26-30°C.

Gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 2 kali gempa Hembusan

- 10 kali gempa Low Frequency

- 2 kali gempa Vulkanik Dangkal

- 1 kali gempa Vulkanik Dalam

- 2 kali gempa Tektonik jauh

- 1 kali Tremor Menerus, amplitudo 0.5-4 mm (dominan 0,5 mm)

●  Masyarakat/wisatawantidakdiperbolehkanmendekatikawahdalam radius 2 km darikawah

9

Dukono

(Maluku Utara)

Gunungapi tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga mendung, angin lemah hingga sedang ke arah barat dan barat laut. Suhu udara sekitar 24-30°C.

Gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 2 kali gempa Vulkanik Dalam

- 1 kali gempaTremor Menerus, amplitudo 0.5-2 mm (dominan 1 mm)

●  Masyarakat di sekitarG.Dukono dan pengunjung/ wisatawan agar tidakberaktivitas, mendaki, dan mendekatiKawahMalupangWarirang di dalam radius 2 km

10

Ibu

(Maluku Utara)

Gunungapiterlihatjelashinggatertutupkabut. Teramati asap kawahutamaberwarnaputih dankelabu dengan intensitas tipis,sedanghinggatebaltinggisekitar 200-1000 meter daripuncak. Cuacacerahhinggahujan, anginlemahhinggasedangkearahbarat.

Gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 86 kali gempa Letusan/Erupsi

- 89 kali gempaGuguran

- 44 kali gempaHembusan

- 9 kali gempaHarmonik

- 79 kali gempaVulkanikDangkal

-     3 kali gempaVulkanikDalam

-     6 kali gempaTektonikJauh

 

●  Masyarakat di sekitarG.Ibu dan pengunjung/ wisatawan agar tidakberaktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasansektoralberjarak 3,5 km kearahbukaankawah di bagianutaradarikawahaktifG.Ibu.

11

Gamalama

(Maluku Utara)

Gunungapi tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah barat daya. Suhu udara sekitar 24-30°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitastektonik.

-2 kali gempa Hembusan

- 2 kali gempaTektonik Jauh

●  Masyarakat di sekitarG.Gamalama dan pengunjung/wisatawan agar tidakberaktivitas di dalam radius 1,5 km darikawahpuncakG.Gamalama.

12

Kerinci

(Jambi, Sumatera Barat)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang, tinggi sekitar 300 meter dari puncak.     Cuaca mendung hingga hujan, angin lemah hingga kencang ke arah timur laut dan timur. Suhu udara sekitar 16-22°C.

Gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 46 kali gempa Hembusan

-     1 kali gempa Tektonik Jauh

●  Masyarakat disekitarG.Kerinci dan pengunjung/wisatawantidakdiperbolehkanmendakikawah yang adadipuncakGunungapiKerincididalam radius 3 km darikawahaktif (masyarakatdilarangberaktifitasdidalam radius bahaya/KRB III).

13

Bromo

(Jawa Timur)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal tinggisekitar 50-900 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah barat daya dan barat. Suhu udara sekitar 12-21°C.

Gempa berkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 1 kali gempa Tektonik Lokal

- 1 Tremor Menerus, amplitudo0.5-1 mm (dominan 0.5 mm)

●  Masyarakat di sekitarG.Bromo dan pengunjung/ wisatawan/ pendakitidakmemasukikawasandalam radius 1 km darikawahaktifG.Bromo.

 

14

Soputan

(Sulawesi Utara)

Gunungapi tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah tenggara dan selatan. Suhu udara sekitar 19-30°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 8 kali gempa Guguran

- 2 kali gempa Hembusan

- 3 kali gempaTektonik Jauh

 

●  Masyarakat agar tidakberaktivitas di dalam radius 1,5 km daripuncakG.Soputan dan dalam wilayah sektorarah barat-baratdayasejauh 2,5 km yang merupakandaerahbukaankawah, gunamenghindariancamanleleran lava dan awanpanasguguran.

●  Mewaspadaiterjadinyaancamanaliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitarlereng G. Soputan, seperti S. Ranowangko, S. Lawian, S. Popang dan LondolaKelewahu

15

Awu (Sulawesi Utara)

Gunungapi tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca mendung hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah selatan. Suhu udarasekitar 28-31°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

-     4 kali gempaVulkanikDangkal

-     7 kali gempaVulkanikDalam

- 12 kali gempaTektonikJauh

●  Masyarakat dan pengunjung/wisatawan/ pendakitidakmemasukikawasandalam radius 1 km darikawahaktifG.Awu.

16

Dempo

(Sumatera Selatan)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang kea rah selatan dan barat. Suhu udara sekitar 18-27°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 5 kali gempaTektonik Jauh

●  Agar masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendakitidakmendaki dan bermalam (camping) di pusataktivitasKawahMarapi-G.dempodalam radius 1 km, mengingatkawahsebagaipusatletusan dan gas-gas vulkanik yang dapatmembahayakanbagikehidupan.

17

Agung

(Bali)

NORMAL

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan,   angin lemah kearah barat. Suhu udara sekitar 23-28°C

Gempaberkaitan dengan aktivitastektonik.

- 1 kali gempa Tektonik Lokal

- 2 kali gempa Tektonik Jauh

 

 

●     Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawandirekomendasikan agar membatasiaktivitas di area kawahpuncak G. Agung.

●     Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitaraliran-aliransungai yang berhulu di G. Agung agar mewaspadaipotensiancamanbahayasekunderberupaaliran lahar hujan yang dapatterjaditerutama pada musimhujan dan jika material erupsimasihterpapar di area puncak. Area potensilandaanaliran lahar hujanmengikutialiran-aliransungai yang berhulu di G. Agung.

 

18

Batur

(Bali)

Gunungapiterlihatjelashinggatertutupkabut. Asap kawahtidakteramati. Cuacacerah, anginlemahhinggasedangkearahuatar dan selatan. Suhuudarasekitar 18-27°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- Nihil

 

●     Masyarakat di sekitar G. Batur dan pengunjung/wisatawan agar membatasiaktivitas (tidakberlama-lama) dan tidakbermalam di area kawahaktif, sertatidakmendekatilubangtembusan gas yang berada di sekitarkawahuntukmenghindaripotensibahaya gas beracun.

19

Kelimutu

(NTT)

Gunungapiterlihatjelashinggatertutupkabut . Asap kawahtidakteramati. Cuacacerahhinggahujan, anginlemahkearah barat laut. Suhuudarasekitar 23,5-25,5°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

-     9 kali gempaVulkanikDalam

- 17 kali gempaTektonikJauh

 

 

●     Masyarakat di sekitar G. Kelimutu dan pengunjung/wisatawan agar membatasiaktivitas di sekitar area kawah dengan tidakmelewatipagarpembatas, tidakmendekatikawahdanau, dan tidakbermalam di dalamkawahuntukmenghindaripotensibahaya gas beracun.

20

TangkubanParahu

(Jawa Barat)

Gunungapi terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang, asap tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang kearah utara dan timur laut. Suhu udara sekitar 17-21°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik

- 3 kali gempa Hembusan

- 1 kali gempa Harmonik

- 1 kali gempa Low Frequency

- 2 kali gempaTektonik Jauh

 

●     Masyarakat di sekitar G. TangkubanParahu, pedagang, wisatawan, dan pendakitidakturunkedasarKawah Ratu dan Kawah Upas, sertatidakdiperbolehkanmenginap/berlama-lama berada di dalamkawasankawah-kawahaktif yang ada di dalamkompleks G. TangkubanParahu.

●     Mewaspadaimeningkatnyakonsentrasi gas-gas vulkanik yang dapatterjadisecaratiba-tiba, yaitu dengan tidakberlama-lama berada di sekitar area kawahaktif G. TangkubanParahu agar terhindardaripaparan gas yang dapatberdampakbagikesehatan dan keselamatanjiwa.

●     Mewaspadaiterjadinyaletusanfreatik yang dapatterjadisecaratiba-tiba dan tanpadidahului oleh gejalapeningkatanvulkanik yang jelas.

●     Masyarakat di sekitar G. TangkubanParahudiharaptenang, beraktivitassepertibiasa, tidakterpancingisu-isutentangletusan G. TangkubanParahu, tetapmemperhatikanperkembangankegiatan G. TangkubanParahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalumengikutiarahandari BPBD setempat.

 

21

Papandayan

(Jawa Barat)

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 5-10 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah timur laut, selatan dan barat daya. Suhu udara sekitar 18-26°C.

Gempaberkaitan dengan aktivitas magma dan tektonik.

- 2 kali gempa Vulkanik Dangkal

- 4 kali gempaTektonik Jauh

 

●     Masyarakat di sekitar G. Papandayan dan pengunjung, wisatawan, pendakitidakdiperbolehkanberaktivitas dan menginapdalamkawasanbukaankawahaktif yang ada di dalamkompleks G. Papandayanyaitu : KawahBaru, KawahEmas, KawahNangklak, KawahManuk/Balagadamadalam radius 500 meter, sertaketikacuacamendung dan hujan.

●     Masyarakat di sekitar G. Papandayan, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelolawisata G. Papandayan agar mewaspadaiterjadinyaletusanfreatik yang bersifattiba-tiba dan tanpadidahului oleh gejala-gejalavulkanik yang jelas.

 

Keteranganwarna:

 

LEVEL III (Siaga)

 

LEVEL II (Waspada)

 

LEVEL I (Normal)

 

2. GEMPA BUMI

Pada tanggal 18 Maret 2022 terjadi gempa bumi yang dirasakan, yaitu :

 

No.

Waktu

Lokasi Gempa Bumi

Parameter

Gempa Bumi

Penyebab

Dampak

Gempa Bumi

Rekomendasi

1.

18/03/2022

03:53:30 WIB

Kabupaten Lebak, Provinsi Jawa Barat

Episenter: 106,21° BT dan 6,75° LS, pusat gempa bumi di darat berjarak 20 km baratlaut Bayah, magnitudo M5,1 pada kedalaman 137 km

Sesar aktif pada Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia (Gempa Intraslab).

Tidak ada informasi korban jiwa dan kerusakan bangunan. Guncangan skala III MMI di sebagian wilayah Kabupaten yang disusun oleh batuan sedimen berumur Tersier hingga Kwarter. Tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan data Badan Geologi daerah yang terdampak termasuk dalam Kawasan Rawan Gempa bumi tinggi.

  • Masyarakat jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami.
  • Bangunan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi dan dilengkapi jalur serta tempat evakuasi.

2.

18/03/2022

11:33:01 WIB

Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Jawa Barat

Episenter: 120,56° BT dan 9,91° LS, pusat gempa bumi di darat berjarak 35 km timurlaut Wula-Waijelu, magnitudo M4,0 pada kedalaman 18 km.

Sesar aktif di sekitar pusat gempa bumi

Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan, guncangan skala III MMI di Waingapu dan sekitarnya yang tersusun oleh batuan sedimen berumur Tersier dan batuan karbonat berumur Kwarter. Wilayah Kabupaten Sumba Timur dan sekitarnya terletak pada KRB gempa bumi menengah hingga tinggi.

  • Masyarakat jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami.
  • Bangunan di Kabupaten Sumba TImur, harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi dan dilengkapi jalur serta tempat evakuasi.

3.

18/03/2022

22:04:03 WIB

Perairan Selatan Provinsi Jawa Barat

Episenter: 106,83° BT dan 8,33° LS, pusat gempa bumi di darat berjarak 152 km tenggara Sukabumi, magnitudo M4,9 pada kedalaman 16 km.

Sesar aktif di sekitar pusat gempa bumi

Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan, guncangan skala II MMI di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi yang tersusun oleh batuan sedimen berumur Tersier hingga Kwarter. Wilayah Kabupaten Sukabumi dan dan sekitarnya terletak pada KRB gempa bumi menengah hingga tinggi.

  • Masyarakat jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami.
  • Bangunan di wilayah selatan Jawa Barat, harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi dan dilengkapi jalur serta tempat evakuasi.

4.

18/03/2022

23:45:31 WIB

Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku

Episenter: 128,37° BT dan 3,63° LS, pusat gempa bumi di darat berjarak 31 km barat Saparua, magnitudo M3,2 pada kedalaman 10 km.

Sesar aktif di sekitar pusat gempa bumi

Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan, guncangan skala II MMI di Kota Ambon yang tersusun oleh batuan vulkanik berumur Tersier dan batuan ssedimen berumur Kwarter. Wilayah Kabupaten Maluku Tengah dan sekitarnya terletak pada KRB gempa bumi tinggi.

  • Masyarakat jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami.
  • Bangunan di Kabupaten Maluku Tengah harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi dan dilengkapi jalur serta tempat evakuasi.

 

Keterangan Singkatan:
KRB = Kawasan Rawan Bencana

MMI = Modified Mercalli Intensity

Keterangan warna:

 

KRB Gempa Bumi Tinggi

 

KRB Gempa Bumi Menengah

 

KRB Gempa Bumi Rendah

 

KRB Gempa Bumi Sangat Rendah