G. Raung

G. RAUNG, JAWA TIMUR  pdf_icon_transparent
Raung 2 (010520)


KETERANGAN UMUM    
NAMA GUNUNGAPI                              : G. RAUNG, JAWA TIMUR
NAMA LAIN : Rawon

LOKASI

a. Administrasi
:  Kab. Banyuwangi, Kab. Bondowoso, Kab. Jember, dan Kab. Lumajang, Jawa Timur
b. Geografi
:  8° 7,5' LS dan 114° 02,5' BT
KETINGGIAN :
 3332m dpl
KOTA TERDEKAT :  Banyuwangi, Bondowoso
TIPE GUNUNGAPI :  Strato dengan kaldera
POS PENGAMATAN :
Kp. Mangaran, Ds. Sumber Arum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi
Geografi : 8° 11' 54.48" LS dan 114° 9' 13.02" BT
Raung 1 (010520)


PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak

Jalur pendakian ke puncak G. Raung umumnya dilakukan dari Desa Sumberweringin. Dari tempat ini, kendaraan roda empat masih dapat dilanjutkan ke Pondok Motor sejauh ± 7 km. Pendakian dari Pondok Motor melalui tegalan sepanjang ± 0,5 km ke arah selatan - baratdaya yang kemudian dilanjutkan melalui hutan dan jalan setapak yang mulai menyempit dan ditumbuhi oleh pepohonan cemara hingga ketinggian 1600 m. Setelah perjalanan selama ± 3 jam tiba di Pondok Sumur. Dari Pondok Sumur, medan pendakian mulai sulit, jalan setapak tertutup semak belukar. Setelah ± 2 jam, pendakian melalui hutan cemara dan pakis-pakisan, dan padang rumput seluas ± 0,25 km2 tiba di Pondok Demit. Pendakian dilanjutkan hingga ketinggian ± 2900 m sampai batas hutan, dikenal dengan Pondok Mantri atau Pasaran, pada tempat ini dilakukan perkemahan. Keesokan harinya dilanjutkan selama ± 1 jam sampai puncak, melalui medan yang tidak terlalu berat dengan kemiringan lereng berkisar antara 20° dan 30°.

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi  

Daerah sekitar G. Raung yang subur dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Selain itu material hasil letusan berupa pasir dan batu menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat setempat sebagai tambang rakyat.

Wisata

G. Raung adalah sebuah gunungapi yang besar dan unik, yang berbeda dari ciri gunungapi pada umumnya di pulau Jawa. Keunikan dari puncak G. Raung adalah kalderanya yang dalamnya sekitar 500 m, selalu berasap dan sering menyemburkan api. G. Raung termasuk gunungapi tua dengan kaldera di puncaknya dan dikelilingi oleh banyak puncak kecil, menjadikan pemandangannya benar-benar menakjubkan.