Press Release G. Sorik Marapi

Aktivitas vulkanik G. Sorik Marapi 30 September 2022

Gunungapi Sorik Marapi secara administratif terletak dalam wilayah Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Gunung Sorik Marapi dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berada di Desa Sibanggor Tonga, Kecamatan Puncak Sorikmarapi, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Aktivitas vulkanik G. Sorik Marapi berfluktuasi sejak Januari 2022, dan tingkat aktivitas pada saat ini berada pada Level I (Normal).

Perkembangan terakhir aktivitas G. Sorik Marapi hingga 30 September 2022 pukul 12.00 WIB sebagai berikut :

  1. Terjadi peningkatan jumlah kejadian gempa Vulkanik-Dalam pada tanggal 29 September 2022 sebanyak 146 kali, namun belum nampak peningkatan aktivitas G. Sorik Marapi secara visual. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan tekanan yang dapat berasal dari aktivitas hydrothermal maupun aktivitas magma di dalam tubuh G. Sorik Marapi namun masih belum menunjukkan peningkatan di permukaan.
  2. Perlu diwaspadai potensi bahaya berupa erupsi freatik, yaitu erupsi yang berkaitan dengan aktivitas hidrothermal. Erupsi freatik tersebut jika terjadi dapat disertai hujan abu, semburan lumpur, dan lontaran material di sekitar kawah.
  3. Dalam tingkat aktivitas Level I (Normal) direkomendasikan agar masyarakat disekitar Gunungapi Sorik Marapi dan pengunjung/wisatawan: (a) tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam jarak dekat (b) segera menjauhi/meninggalkan area sekitar kawah jika teramati peningkatan intensitas/ketebalan asap kawah dan/atau jika tercium bau gas yang menyengat untuk menghindari potensi bahaya paparan gas beracun maupun erupsi freatik.

Berdasarkan hasil pengamatan, analisis data visual maupun instrumental hingga tanggal 30 September 2022 pukul 12.00 WIB, maka tingkat aktivitas G. Sorik Marapi masih tetap pada Level I (Normal).

Rekomendasi pada tingkat aktivitas Level I (Normal) ini adalah:

Masyarakat di sekitar G. Sorik Marapi dan pengunjung/wisatawan

  1. tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam jarak dekat 
  2. segera menjauhi/meninggalkan area sekitar kawah jika teramati peningkatan intensitas/ketebalan asap kawah dan/atau jika tercium bau gas yang menyengat untuk menghindari potensi bahaya paparan gas beracun maupun erupsi freatik.

 

sorikmarapi

 

PETA KAWASAN RAWAN BENCANA G. SORIK MARAPI

Sorik Marapi