Press Release Aktivitas Vulkanik G. Semeru – Jawa Timur 4-5 Desember 2021

esdm_kecil

Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) di G. Semeru, pada tanggal 4 Desember 2021. APG merupakan karakteristik ancaman khas G. Semeru, yakni berupa awan panas yang berasal dari ujung aliran lava pada bagian lereng gunung. Endapan APG terdiri dari material batuan bersuhu tinggi 800o-900o celcius yang bergerak ke arah lereng tenggara G. Semeru sejauh ± 4 km dari puncak, atau ± 2 km dari ujung aliran lava. APG memasuki lembah Sungai Kobokan dan berinteraksi dengan air sungai beserta material lama yang terdapat di dalam badan sungai, membentuk aliran lahar sepanjang aliran Sungai Kobokan.

Hingga 5 Desember 2021 pukul 10.00 WIB, aktivitas APG masih terjadi dengan intensitas dan jarak luncur yang relatif menurun. Pemantauan tetap dilakukan secara intensif dan menerus untuk antisipasi perubahan potensi ancaman yang signifikan.


Tingkat aktivitas G. Semeru saat ini tetap Level II (Waspada), dihimbau kepada masyarakat/pengunjung/wisatawan:

  1. Mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi,
  2. Tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak G. Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara,
  3. Mewaspadai potensi APG, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak G. Semeru, terutama sepanjang aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.

 

Agar masyarakat tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggungjawab mengenai aktivitas G. Semeru, dan mengikuti arahan dari Instansi yang berwenang yakni Badan Geologi yang akan terus melakukan koordinasi dengan BNPB dan K/L, Pemda, dan instansi terkait lainnya. Informasi mengenai aktivitas G. Semeru terkini dapat diperoleh melalui aplikasi/Website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (Facebook, Twitter, dan Instagram pvmbg_).

 

Sumber data:

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Badan Geologi

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi