Tanggapan Bencana Gerakan Tanah Kec. Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat

Tanggapan bencana gerakan tanah di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Purwakarta pada hari Senin, 8 Februari 2021 sebagai berikut;

 1. Lokasi dan waktu kejadian:

Gerakan tanah terjadi di RT 14 dan RT 15 RW 06 Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Secara geografis berada pada koordinat 6° 34’ 57,1” LS dan 107° 20’ 45,4” BT. Bencana tersebut terjadi pada hari Jumat, 7 Februari 2021, sore hari. Lokasi ini pernah dikaji oleh Tim PVMBG pada tahun 2019.

2. Jenis gerakan tanah:

Jenis gerakan tanah berupa nendatan lambat atau rayapan yang ditandai dengan retakan pada tanah, jalan dan bangunan. Retakan mulai teridentifikasi pada tahun 2019 dengan panjang 1 – 2 meter, lebar 5 – 45 cm, dan kedalaman amblasan 10 – 100 cm. Gerakan tanah ini terus berkembang setiap tahun.

3. Dampak gerakan tanah:

 

  • 5 kepala keluarga (KK) mengungsi.
  • Total 16 (enam belas) rumah roboh sejak tahun 2019.
  • Jalan desa retak dan amblas di beberapa titik.

4. Kondisi daerah bencana :

  • Secara umum lokasi bencana merupakan daerah landai hingga agak curam yang berada di antara perbukitan. Kemiringan lereng berkisar antara 10° - 20° di lokasi bencana dan semakin terjal ke arah bukit hingga >45°. Lokasi berada pada ketinggian antara 320 – 362 meter di atas permukaan laut.
  • Berdasarkan Peta Geologi Lembar Cianjur, Jawa (Sudjatmiko, 2003), daerah bencana tersusun oleh Anggota Napal dan Batupasir Formasi Jatiluhur (Mdm) dan Andesit Hornblenda dan Porfir Diorit Hornblenda (ha). Anggota Napal dan Batupasir terdiri dari napal, batulempung napalan, serpih lempungan dengan sisipan batupasir kuarsa, kuarsit dan batugamping napalan. Andesit dan Porfir Diorit merupakan intrusi-intrusi yang membentuk morfologi perbukitan terpisah yang menerobos Anggota Napal dan Batupasir.
  • Berdasarkan Peta Prakiraan Terjadi Gerakan Tanah Bulan Februari 2021 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), Kecamatan Tegalwaru termasuk dalam potensi gerakan tanah Menengah - Tinggi. Artinya daerah ini mempunyai potensi menengah hingga tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

5. Faktor penyebab terjadinya gerakan tanah diperkirakan:

  • Kemiringan lereng yang agak curam membuat gerakan tanah relatif lambat.
  • Sifat dari batuan setempat berupa napal dan lempungan yang jika terkena air akan licin dan mudah mengembang.
  • Adanya retakan dari longsoran lama yang membuat lereng dalam kondisi labil dan mudah meresapkan air.
  • Keterdapatan lahan basah membuat lereng mudah jenuh air dan terjadi akumulasi air tanah (berdasarkan laporan PVMBG tahun 2019).
  • Curah hujan yang tinggi menjadi pemicu terjadinya gerakan tanah.

6. Rekomendasi:

Mengingat curah hujan yang masih tinggi, serta berdasarkan hasil kajian Tim PVMBG tahun 2019, maka untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dan kerugian harta benda yang lebih besar, direkomendasikan sebagai berikut:

  • Rumah yang rusak berat dan hancur agar direlokasi sedangkan rumah yang rusak ringan masih dapat dihuni tetapi masyarakat harus selalu waspada terutama pada saat dan setelah hujan turun;
  • Segera menutup retakan dengan tanah dan dipadatkan agar air tidak meresap ke dalamnya yang dapat mempercepat pergerakan;
  • Mengarahkan aliran air permukaan agar menjauhi area retakan;
  • Lahan basah agar diselingi dengan tanaman kuat dan berakar dalam untuk menjaga kestabilan lereng dan memperlambat pergerakan tanah;
  • Melakukan pemantauan terhadap area retakan, jika retakan berkembang dan bertambah luas agar segera mengungsi dan menjauhi area retakan serta melapor kepada BPBD Kab. Purwakarta atau aparat desa setempat;
  • Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mengenal dan memahami gerakan tanah beserta gejala yang mengawalinya;
  • Masyarakat setempat dihimbau untuk selalu mengikuti arahan dari BPBD/ aparat pemerintah daerah setempat.

 

LAMPIRAN

Purwakarta 1 (090221)

Gambar 1. Peta Lokasi Gerakan Tanah di Kp. Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kec. Tegalwaru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

 

Purwakarta 2 (090221)

Gambar 2. Peta Geologi Kecamatan Tegalwaru dan sekitarnya, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

 

Purwakarta 3 (090221)

Gambar 3. Peta Prakiraan Wilayah Terjadinya Gerakan Tanah di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat pada Bulan Februari 2021. Lokasi bencana ditandai oleh kotak merah.

 

TABEL WILAYAH POTENSI GERAKAN TANAH

KABUPATEN PURWAKARTA, PROVINSI JAWA BARAT

 BULAN FEBRUARI 2021

Purwakarta 4 (090221)

 

Purwakarta 5 (090221)

Foto 1. Memperlihatkan dampak dari gerakan tanah di Desa Pasanggarahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat (sumber: BPBD Kab. Purwakarta)