Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Di Wilayah Kabupaten Pidie, Aceh, Tanggal 20 Agustus 2020

Aceh (210820)

Informasi Gempa Bumi: Gempa bumi terjadi pada hari Kamis, 20 Agustus 2020, pukul 20:53 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi berada pada koordinat 96,12° BT dan 4,92° LU (19 km baratdaya Kab. Pidie Jaya, Aceh) dengan magnitudo M5,0, pada kedalaman 10 km. Berdasarkan informasi dari GeoForschungsZentrum (GFZ) Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 96,09°BT dan 4,72°LU, dengan kedalaman 19 km dan magnitudo 4,5 mb. The United States Geological Survey, Amerika Serikat melaporkan bahwa pusat gempa bumi berada pada koordinat 96,084°BT dan 4,880°LU dengan kedalaman 27,7 km dan magnitudo M4,4.

Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi: Pusat gempa bumi berada di darat. Daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batugamping Pra-Tersier, endapan sedimen Pra-Tersier hingga Tersier, batuan gunungapi Kuarter serta aluvium. Pada daerah yang disusun oleh endapan aluvium, dan endapan Kuarter guncangan gempa bumi kemungkinan akan dirasakan lebih kuat karena batuan ini bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek guncangan gempa bumi.

Dampak Gempa Bumi: Berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan G. Peut Sague (Kec. Mane, Kab. Pidie, Aceh), guncangan gempa bumi dirasakan dengan intensitas IV MMI (Modified Mercalli intensity). Pos tersebut bejarak sekitar 7 km sebelah baratdaya pusat gempa bumi dan akibat gempa bumi tersebut bangunan pos mengalami kerusakan ringan berupa retakan pada dinding.

BMKG menginformasikan bahwa guncangan gempa bumi dirasakan di Banda Aceh dan Pidie Jaya dengan intensitas III MMI, serta di Bener Meriah, Aceh Jaya, dan Nagan Raya dengan intensitas II MMI.

Gempa bumi ini tidak memicu tsunami karena berpusat di darat. Hingga tanggapan ini disusun tidak dilaporkan adanya korban jiwa akibat gempa bumi ini.

Penyebab Gempa Bumi: Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempa bumi, gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas Sesar Besar Sumatra, Segmen Aceh Tengah, yang berarah relatif baratlaut-tenggara.

Rekomendasi:

  • Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas Pemerintah BPPD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.