Jurnal Laporan Mingguan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Periode 21-27 Januari 2019

Logo_ESDM

1. Aktivitas Gunungapi

  1. Aktivitas G. Sinabung: Selama seminggu ini tidak terjadi erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual umumnya gunung cerah, tertutup kabut, dan hujan. Asap kawah teramati berwarna putih tipis sampai tebal tekanan lemah mencapai ketinggian 500 m di atas puncak. Seismograf merekam 6 kali Gempa Hembusan, 4 kali Gempa Tornillo, 6 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 16 kali Gempa Tektonik Jauh (1 kali gempa terasa).
  2. Gunungapi Agung:Pada minggu ini terjadi empat kali erupsi eksplosif tipe Srombolian dan Vulkanian kecil, yaitu terjadi Tanggal 21 Januari 2019 (Pukul 16:45 dan 17:00 WITA), Tanggal 22 Januari 2019 (Pukul 03:42 WITA),  dan Tanggal 23 Januari 2019 (Pukul 03:18 WITA). Erupsi pada malam hari terlihat melontarkan material pijar yang jatuh di sekitar kawah puncak (CCTV Asah Bukit di lereng tenggara milik Telekomsel). Erupsi diikuti hembusan abu tebal mencapai ketinggian 2000 m dari puncak, jatuhan abu dijumpai di Desa Muncan (lereng selatan), Desa Tianyar dan Desa Kubu (lereng utara), dan Desa Ban (lereng baratdaya). Selama seminggu secara visual gunungapi terlihat jelas, kabut, dan hujan. Umumnya asap kawah dari titik bagian timur  teramati berwarna putih tipis dengan ketinggian maksimum 100-400 meter dari atas puncak. Seismograf merekam 4 kali Gempa Letusan dengan amplitudo maksimum 22-23 mm dan lama gempa 77- 145 detik, 16 kali Gempa Hembusan, 16 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 3 kali Gempa Vulkanik Dalam, 2 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 29 kali gempa Tektonik Jauh (1 kali gempa Terasa).
  3. Aktivitas G. Anak Krakatau: Pada minggu ini kegiatan vulkanik mereda dan tidak teramati adanya baik erupsi efusif/leleran lava maupun eksplosif/letusan. Pada siang hari gunung sering tertutup kabut, pada saat cuaca cerah tidak tampak adanya aktivitas permukaan berupa hembusan asap. Seismograf merekam 25 kali Gempa Hembusan, 17 kali Gempa Vulkanik Dalam, 12 kali Gempa Tektonik Lokal, 1 kali Gempa Tektonik Jauh, dan tremor menerus dengan amplitudo 1-17 mm.
  4. Aktivitas G. Merapi:Pada minggu ini tidak tercatat erupsi letusan tetapi erupsi efusif berupa pertumbuhan kubah lava dalam laju rendah masih berlangsung. Posisi kubah lava masih stabil, tetapi masih terjadi guguran-guguran, dimalam hari tampak luncuran lava pijar. Arah guguran terjadi ke baratlaut dan ke tenggara (K. Gendol sejauh 400 m). Volume kubah lava hingga Tanggal 22 Januari 2019 sebesar 461.000 m3 dengan pertumbuhan rata2 sebesar 1.300 m3/hari. Secara visual cuaca didominasi dengan mendung, berawan dan hujan, kadang-kadang pagi dan malam teramati cerah. Tidak terjadi lahar. Asap kawah teramati berwarna putih intensitas tipis hingga tebal mencapai ketinggian 50 m di atas puncak kawah. Pengukuran gas SO2 dengan DOAS yg teremisikan rata-rata sebesar 92,68 ton/hari. Seismogram merekam 176 kali Gempa Guguran, 3 kali gempa MP, 10 kali Gempa Hembusan, 4 kali Gempa LF, 1 kali gempa vulkanik dangkal, dan 10 kali Gempa Tektonik. 

2. Kegiatan Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

  1. Pengiriman 2 Tim Tanggap Darurat (TD) masing-masing untuk Erupsi G. Agung dan G. Anak Krakatau.
  2. Dari Tanggal 21-30 Januari  2019 mengirimkan tim survei Pasca Bencana Tsunami ke Lampung.
  3. Dari Tanggal 25-30 Januari 2019 mengirim 3 Tim Tanggap Darurat Gerakan Tanah ke Kabupaten Gowa (Sulawesi Selatan), ke Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah), dan ke Kabupaten Mojokerto (Jawa Timur).
  4. Mengirim Tim Pasca Bencana Gerakan Tanah ke Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat).

3. Kegiatan Survey/Pemetaan.

  1. (Minggu ini tidak mengirim tim survey/pemetaan).

4. Kegiatan Lain.

  1. Menjadi pembicara pada acara Geoseminar dengan tema "Strategi Mitigasi Gunungapi Anak Krakatau di Kawasan Selat Sunda", Ruang Sarula, Sekretariat Jenderal KESDM Jakarta, Tanggal 21 Januari 2019.
  2. Mengikuti rapat pembahasan persiapan penyebaran informasi Bencana Geologi di Kota Malang, di Sekretariat Badan Geologi, Tanggal 22 Januari 2019.
  3. Mengikuti pembahasan Tata Kelola Mitigasi Bencana Geologi di PVMBG bersama tenaga ahli Menteri ESDM, di Ruang Rapat PVMBG, Tanggal 24 Januari 2019.
  4. Menghadiri Penutupan Pendidilan Dasar Wanadri 2018 dan Pelantikan Anggota Muda Wanadri, di Lapangan Upacara Situ Lembang, Kab. Bandung,  bertindak sebagai inspektur upacara Jend. (Purn.) Pramono Edi Wibowo. Tanggal 27 Januari 2019.
  5. Tanggal 24/01/2019 menerima kunjungan dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah.
  6. Tanggal 24/01/2019 menjadi nara sumber pada kegiatan Sosialisasi Kurikulum Mulok Kebencanaan dengan Mengintegrasikan Pengurangan Resiko Bencana Sesuai Karakteristik Potensi Bencana di Sekitarnya di Kec. Dukun, Kab. Magelang. Peserta terdiri dari kepala sekolah dan guru sebanyak100 orang.
  7. Tanggal 23 Januari 2019 menerima kunjungan dari Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, berdiskusi dan memperoleh informasi bencana geologi untuk mendukung program pengembangan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan di Pulau Lombok.
  8. Tanggal 23 Januari 2019 menghadiri rakor post-disaster rehabilitation and reconstruction masterplan in Central Sulawesi di Bappenas. Rakor membahas kemungkinan kerjasama Swiss-Indonesia pasca bencana Sulawesi Tengah. Kerjasama ini berupa Technical Assistance yang nanti akan diatur oleh Bappenas-BNPB. 
  9. 24 Januari 2019 mendampingi Kepala Badan Geologi sebagai narasumber pada Workshop Mitigasi Bencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diselenggarakan oleh Kemenko Perekonomian di Grand Mercure Kemayoran Jakarta. Kepala Badan Geologi menyampaikan paparan berjudul Kebijakan dan Strategi Mitigasi Bencana Geologi pada kawasan KEK.
  10. Menerima tamu Dinas ESDM Sumatera Utara terkait bencana longsor di Kabupaten Prapat.
  11. Menerima tamu dari Universitas Telkom dan UPI terkait penelitian longsor.
  12. Menghadiri rapat dengan PAG, PSG, dan PSDMBP terkait rencana terpadu pemetaan kebencanaan di Cekungan Bandung dan Jakarta.
  13. Menghadiri rapat Pembahasan Tusi PVMBG dengan Staf Khusus KESDM (Ibu Ela) di Kantor PVMBG, Bandung.
  14. Menghadiri pertemuan mewakili Kepala PVMBG pada acara Tasyakuran hari ulang tahun BNPB ke 11 di Citeurep Bogor.
  15. Menghadiri rapat koordinasi pembahasan Rencana Anggaran Belanja untuk pengadaan peralatan Nasional  "Multi Hazard Early Warning System" (MHWES) yang dikoordinasikan oleh BNPB sebagai bagian Sistem Peringatan Dini Terpadu secara Nasional.
  16. Menghadiri Pembahasan Rancangan Peraturan Presiden "Mitigasi Bencana Geologi dalam Penataan Ruang" di Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan.
  17. Menghadiri pembahasan revisi  dan tambahan anggaran TA 2019 (RAB dan TOR) Badan Geologi dari  KESDM untuk penguatan Mitigasi Bencana Geologi 2019.
  18. Menghadiri rapat penyusunan  tabel dan peta prakiraan potensi terjadinya gerakan tanah dan banjir bandang di Indonesia bulan Februari 2019.