Jurnal Laporan Mingguan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Periode 14-20 Januari 2019

Logo_ESDM


1. Aktivitas Gunungapi

  1. Aktivitas G. Sinabung: Selama seminggu ini tidak teramati adanya erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual umumnya gunung cerah, tertutup kabut, dan hujan. Asap kawah teramati berwarna putih tipis sampai tebal tekanan lemah mencapai ketinggian 500 m di atas puncak. Seismograf merekam 6 kali Gempa Hembusan, 2 kali Gempa Tornillo, 1 kali Gempa Vulkanik Dalam, 1 kali Gempa Tektonik Lokal, 13 kali Gempa Tektonik Jauh.
  2. Gunungapi Agung:Pada Tanggal 19 Januari 2019 Pukul 02:45 WITA terjadi erupsi eksplosif disertai lontaran sektoral material pijar  keluar kawah ke arah lereng selatan-tenggara sejauh sekitar 300-400 m dari tepi kawah. Tidak ada laporan lapangan jatuhan abu. Selama seminggu secara visual gunungapi terlihat jelas kabut, dan hujan. Umumnya asap kawah dari titik bagian timur  teramati berwarna putih tipis dengan ketinggian maksimum 700 meter dari atas puncak. Seismograf merekam 1 kali Gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 23 mm dan lama gempa 128 detik,  10 kali Gempa Hembusan, 10 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 3 kali Gempa Vulkanik Dalam, 2 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 26 kali Gempa Tektonik Jauh.
  3. Aktivitas G. Anak Krakatau: Pada minggu ini tidak terjadi erupsi baik efusif/leleran lava maupun eksplosif/letusan. Pada siang hari gunung sering tertutup kabut, pada saat cuaca cerah aktivitas permukaan gunungapi terbatas pada hembusan asap putih tipis sampai tebal mencapai ketinggian 500 m dari puncak. Seismograf merekam 33 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 15 kali Gempa Vulkanik Dalam, tremor menerus dengan amplitudo 1-19 mm, 15 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 1 kali Gempa Tektonik Jauh.
  4. Aktivitas G. Merapi:Pada minggu ini tidak tercatat adanya erupsi letusan tetapi erupsi efusif berupa pertumbuhan kubah lava dalam laju rendah masih berlangsung. Posisi kubah lava masih stabil, tetapi masih terjadi guguran-guguran, dimalam hari tampak luncuran lava pijar. Arah guguran terjadi baik ke Barat-Laut maupun ke Tenggara, K. Gendol.Volume kubah lava hingga tanggal 18 Januari 2019 sebesar 453.000 m3 dengan pertumbuhan rata2 sebesar 2.300 m3/hari. Secara visual cuaca didominasi dengan mendung, berawan dan hujan, kadang-kadang pagi dan malam teramati cerah. Tidak terjadi lahar. Asap kawah teramati berwarna putih intensitas tipis hingga tebal mencapai ketinggian 150 m di atas puncak kawah. Pengukuran gas SO2 dengan DOAS yg teremisikan rata2 sebesar 92,68 ton/hari. Seismogram merekam 253 kali Gempa Guguran, 15 kali Gempa Hembusan, 3 kali Gempa LF, dan 2 kali Gempa Tektonik. 

2. Kegiatan Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

  1. Pengiriman 2 Tim Tanggap Darurat (TD) masing-masing untuk Erupsi G. Agung dan G. Anak Krakatau.
  2. Mengirim Tim Pasca Bencana Gerakan Tanah ke Kabupaten Cianjur Tanggal 14-18 Januari 2019. 

3. Kegiatan Survey/Pemetaan.(Minggu ini tidak mengirim tim survey/pemetaan).
4. Kegiatan Lain.

  1. Mengikuti Rapat koordinasi pemasangan sistem peringatan dini tsunami di megathrust Selat Sunda dan Megathrust Mentawai, di Gd. Setjen Wantanas, Jl. Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat. Rapat dipimpin oleh Kepala BNPB, diikuti oleh Kementerian Lembaga terkait, Tanggal 14 Januari 2019.
  2. Menerima tamu dari perwira TNI dari Mabes TNI Kol. Supriono, dan memberikan pemaparan kebencanaan geologi, di Ruang Rapat PVMBG, 18 Januari 2019.
  3. Tanggal 17/01/19 menerima kunjungan dari Konsulat Jendral Australia di Surabaya.
  4. Tanggal 15/01/19D mengadakan sosialisasi pada masyarakat Desa Wukirsari, Kab. Sleman.
  5. Tanggal 17 Januari 2019 menghadiri diskusi dengan delegasi BMBF Jerman dan ITB di ITB. Mengenai usulan penelitian di bidang Natural Hazard dan Natural Resources.
  6. Tanggal 18 Januari 2019 menghadiri rakor tindak lanjut (skala rinci) pasca gempa Palu dan sekitarnya.  Untuk penataan Rencana Detil Tata Ruang membutuhkan data lebih rinci (skala 1:5000). 
  7. Tanggal 17-19 Januari 2019 mendampingi kunjungan kerja Kepala BNPB di Lombok dan Tanggal 19 Januari 2019 sebagai narasumber dalam Rakor BNPB-BPBD & TNI-POLRI, di Hotel Grand Legi, Mataram.
  8. Menghadiri rapat Pembahasan Tusi PVMBG di bidang gempa bumi bersama Biro Ortala KESDM di Kantor PVMBG, Bandung.
  9. Menerima kunjungan dan diskusi Mitigasi Bencana Geologi, bersama Kepala Badan Geologi dan utusan dari Kepala BNPB.
  10. Menghadiri rapat membahas dan diskusi tentang Delegasi Indonesia di BNPB terkait Pengurangan Risiko Bencana pada acara dua tahunan Global Platform disaster Risk Reduction (GPDRR) yang akan bellangsung pada Tanggal 15-17 Mei 2019 di Genewa, Swiss.
  11. Menjadi narasumber berita/informasi bersama narasumber BMKG pada acara Talk show kondisi gerakan tanah / tanah longsor di Jawa Barat untuk TVRI Jawa Barat di stasiun Cibaduyut.
  12. Menjadi narasumber berita/informasi  pada acara Talk show kondisi gerakan tanah / tanah longsor di Jawa Barat untuk  radio Elshinta, Jawa Barat di stasiun Cibaduyut.
  13. Menyiapkan bahan rapim terkait penambahan kegiatan  layanan mitigasi bencana geologi Tahun Anggaran 2019 dan penyiapan bahan RDP dengan DPR.
  14. Bersama PAG dan PSG menerima tamu   dari Bappeda Kota Tasikmalaya untuk berbagi informasi kebencanaan geologi untu perencanaan pembangunan.