Jurnal Laporan Mingguan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Benana Geologi Periode 08 - 14 Juli 2019

Logo_ESDM

1. Aktivitas Gunungapi.

  1. Aktivitas G. Sinabung: Selama minggu ini tidak terjadi erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual umumnya gunung tampak cerah, tertutup kabut, dan berawan. Asap kawah teramati berwarna putih tipis sampai tebal tekanan lemah mencapai ketinggian 500 m di atas puncak. Seismograf merekam 11 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Hybrid/Fase Banyak, 1 kali getaran banjir, 4 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 8 kali Gempa Tektonik Jauh.
  2. Gunungapi Agung:Pada minggu ini tidak terjadi erupsi baik efusif maupun eksplosif. Pengamatan visual selama seminggu gunungapi terlihat jelas sampai kabut/berawan. Umumnya asap kawah teramati berwarna putih kelabu tipis sampai tebal mencapai ketinggian 50 meter dari atas puncak. Seismograf merekam 10 kali Gempa Hembusan, 4 kali Gempa Vulkanik Dangkal, dan 16 kali Gempa Tektonik Jauh.
  3. Aktivitas G. Anak Krakatau:Pada minggu ini terjadi erupsi tipe letusan sebanyak 25 kali, yaitu letusan kecil tanpa diikuti oleh hembusan asap/abu serta tidak diikuti oleh dentuman. Pengamatan visual selama seminggu gunungapi  tertutup kabut. Seismograf merekam 25 kali Gempa Letusan, 8 kali Gempa Hembusan, tremor menerus dengan amplitudo 1-40 mm, 2 kali Gempa Vulkanik Dangkal, dan 5 kali Gempa Vulkanik Dalam.
  4. Aktivitas G. Merapi:Pada minggu ini tidak tercatat erupsi letusan tetapi erupsi efusif  dalam laju rendah berupa intrusi lava menembus kubah lava masih berlangsung. Volume kubah lava minggu ini hampir sama dengan hasil pengukuran Tanggal 04 Juli 2019 sebesar 475.000 m3. Terjadi amblesan dibagian puncak kubah lava sebelah tenggara. Posisi kubah lava masih stabil tetapi masih terjadi guguran lava dan awan panas guguran (APG). Sebagian besar ekstrusi lava menjadi guguran lava pijar dan APG meluncur ke hulu Kali Gendol. APG pada minggu ini terjadi 2 kali yaitu pada Tanggal 13 dan 14 Juli 2019 dengan jarak luncur 1000 m dan 1100 m. Secara visual cuaca didominasi mendung dan berawan, kadang-kadang pagi dan malam teramati cerah. Tidak terjadi lahar. Asap kawah teramati berwarna putih intensitas tipis hingga tebal mencapai ketinggian 300 m di atas puncak kawah pada Tanggal 09 Juli 2019. Seismograf merekam 143 kali Gempa Guguran, 33 kali Gempa MP, 2 kali Gempa Hembusan, 23 kali Gempa LF, 12 kali Gempa Vulkanik Dangkal, dan 7 kali Gempa Tektonik. Dari data guguran dan APG (jumlah dan jarak luncur), kegempaan, deformasi, kimia, dan serta visual, maka dapat dikatakan bahwa aktivitas G. Merapi minggu ini hampir sama dibandingkan dengan minggu lalu. Belum ada perubahan rekomendasi.

2. Kegiatan Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

  1. Mengirim Tim Tanggap Darurat Gunungapi Sinabung Sumatera Utara dan Tim Tanggap Darurat Gunungapi Agung Bali.

3. Kegiatan Survei/Pemetaan.

  1. Mengirim Tim Survei Gempa Bumi untuk melakukan survey geologi gempa bumi terpadu, mikrozonasi gempa bumi, dan KRB Gempa Bumi di Cekungan Bandung Tanggal 08-18 Juli 2019.

4. Kegiatan Lain.

  1. Tanggal 11-14 Juli 2014 melakukan pendataan BMN di Pos PGA Sumatera Barat (Pos PGA Marapi Bukittinggi, Pos PGA Batupalano, dan tanah pos Guguak Rancak, Pos PGA Tandikek, dan Pos PGA Talang).
  2. Tanggal 11 Juli 2019 menghadiri rapat koordinasi dengan Direktur Sekretariat Teknis CCOP (Dr. Young Joo LEE), rapat dipimpin KaBG di Lt. 5 Sekretariat BG, Jl Gatot Subroto-Jakarta.
  3. Tanggal 10 Juli 2019 menghadiri rapat koordinasi dengan BPBD sleman di BPPTKG.
  4. Tanggal 10-11 Juli 2019 mengadakan sosialisasi di BPBD DIY (diwakili oleh BPPTKG Yogyakarta) dengan tema Mengenal Potensi Bahaya Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi.
  5. Melakukan rapat internal untuk membahas SOP Magma Sigertan (informasi online Gerakan tanah).
  6. Menghadiri undangan BNPB untuk membahas persiapan acara peringatan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2019 di Bangka Belitung.
  7. Menjadi narasumber pada undangan Kementerian PUPR terkait infrastruktur di Kawasan Rawan Bencana, Jakarta.
  8. Menghadiri undangan Kemenko PMK terkait Rakornas Penangulangan Pasca Banjir Konawe.
  9. Menerima kunjungan BPBD Kabupaten Purworejo dalam rangka konsultasi pemetaan ZKGT untuk lahan relokasi dampak Longsor Purworejo.
  10. Menerima Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah dan diskusi tentang Potensi Bencana Geologi di Kabupaten Tolitoli.