Jurnal Laporan Mingguan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Periode 23-29 Juli 2018

Logo_ESDM_Remake_FINAL-2

1. Aktivitas Gunungapi

(1). Aktivitas G. Sinabung: Secara visual teramati asap kawah berwarna putih tipis-sedang dengan ketinggian 200 m diatas puncak. Seismograf merekam

64 kali Gempa Hembusan, 6 kali Gempa Low Frequency, 12 kali Gempa Tornilo, 1 kali Gempa Vulkanik Dalam, 6 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 8 kali Gempa Tektonik Jauh, serta 1 kali getaran banjir/lahar dengan amplituda 25 mm.

(2). Aktivitas G. Agung: Secara visual teramati asap kawah berwarna putih intensitas tipis-sedang dengan ketinggian 100-500 m diatas puncak dan

teramati kolom erupsi berwarna putih-kelabu intensitas tebal mencapai ketinggian 800-2000 m di atas puncak. Seismograf merekam 6 kali Gempa Letusan, 100 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Tremor Harmonik, 4 kali Gempa Tremor Non-Harmonik, 13 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 3 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 113 kali Gempa Tektonik Jauh (4 kali di antaranya dapat dirasakan, sumber gempa di Pulau Lombok).

(3). Aktivitas G. Merapi:

Pada periode minggu ini tidak tercatat adanya letusan. Secara visual cuaca di dominasi dengan kabut terutama pada sore sampai malam hari, cuaca pada pagi hari sampai siang hari pada umumnya cerah. Asap kawah yang teremisikan berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal dengan tekanan lemah dan mencapai ketinggian 10-300 m di atas puncak. Asap tertinggi terjadi pada tanggal 27 Juli 2018.

Pada minggu ini terjadi kenaikan kegempaan dibanding minggu yang lalu. Hampir semua kegempaan meningkat.

Gempa Hembusan terjadi sebanyak 33 kali, Gempa VB 6 kali, Gempa LF 13 kali, Gempa Guguran 23 kali, Gempa MP 27 kali, Gempa Tektonik Lokal 39 kali, dan Gempa Tektonik Jauh 24 kali.

Pengamatan deformasi yg dilakukan dengan pengukuran secara instrumental yaitu EDM, tiltmeter dan GPS. Dari data deformasi menunjukan belum ada perubahan.

 

2. Kegiatan Tanggap Darurat.

(1). Pengiriman Tim Tanggap Darurat (TD) Erupsi G. Agung, G. Sinabung, dan Peringatan Dini G. Anak Krakatau.

(2). Mengirim tim Tanggap Darurat Gempa bumi ke Solok, Sumbar.

(3). Mengirim Tim Tanggap Darurat Gempa Bumi Lombok, NTB.

 

3. Kegiatan Survey/Pemetaan.

(1). Mengirim Tim Penyelidikan Sesar Lasem, Pati, Jateng.

(2). Mengirim Tim Peringatan Dini dan Pemetaan Gerakan Tanah di Kabupaten Lima Puluh Koto, Sumbar.

 

4. Kegiatan Lain.

(1). Mengikuti pembahasan rencana kegiatan Internasional Workshop On Collapse Calderas (IWCC) di Sekretariat Badan Geologi, 24 Juli 2018.

(2). Mengikuti Rapat Hukuman Disiplin dengan peserta rapat dari : Biro Kepegawaian, Inspektorat Jenderal, Sekretariat Badan Geologi dan PVMBG, di Ruang Rapat PVMBG, 24 Juli 2018.

(3). Mengikuti Rapat Pembahasan Tata Kelola Pos Pengamatan Gunungapi dengan Tenaga Ahli Menteri ESDM, di Ruang Rapat PVMBG, 24 Juli 2018.

(4). Menjadi narasumber dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penyuluh Mitigasi Bencana Gunungapi oleh Badiklat KESDM di Hotel Sens Ubud, Bali, 29 Juli 2018.

(5). Tgl. 25 Juli 2018, menghadiri koordinasi penyusunan Feasibility Study (FS) dan Detail Engienering Design (DED) pengembangan pariwisata alam TNGM tahun 2018 Wilayah Jalur Pendakuan Selo dan Wisata Alam Go bumi, Musuk, Boyolali.

(6). Tgl. 25 Juli 2018, menerima kunjungan PMI Pusat, perwakilan IFRC Genewa, IFRC Regional Kuala Lumpur, PMI D.I.Y.

(7). Sosialisasi gempa gumi di SD dan SMP di wilayah Kab. Bandung Barat, Jabar.

(8). Menjadi narasumber mitigasi gerakan tanah dalam acara penataan ruang, di Kementrian ATR, Jakarta.