Jcc-joint Coordinating Committee Proyek (satreps) Pvmbg-jica Jepang

Proyek ini merupakan kerja sama studi multi bencana yang disebabkan oleh erupsi gunungapi. Kerjasama sudah berlangsung sejak 2015 sampai 2019. Lokasi kerjasama adalah gunungapi Semeru, Kelud, Merapi, Galunggung, Guntur, dan Sinabung. Kerjasama dibagi dalam 5 grup terdiri dari :

  1. Instalasi alat monitoring gunungapi, lahar, dan radar.
  2. Peringatan dini: model incharge dan recharge rate
  3. Simulasi: model awan panas dan lahar
  4. Simulasi: model sebaran abu gunungapi
  5. Sistem pendukung pengambilan keputusan peringatan dini gunungapi.

JCC pada Hari Senin, 16 April 2018 di PVMBG dibuka oleh Kepala Pusat PVMBG mewakili Kepala Badan Geologi. JCC dihadiri oleh Pak Kasbani (Kepala Pusat PVMBG) sebagai pimpinan proyek dari pihak Indonesia dan Pak Masato Iguchi (Kepala Sakurajima Volcano Research Center) sebagai pimpinan proyek pihak Jepang.

Institusi pendukung dari pihak Indonesia adalah PVMBG, BMKG, UGM, BPPTKG, POLTEK MALANG,dan SABO CENTER. Dari pihak Jepang institusi pendukung adalah SVRC, Kyoto University, Kagoshima University, Kobe University, Tsukuba, Tokyo University, Waseda University, dan Niigata University. Hampir semua wakil dari institusi pendukung di kedua belah pihak baik Indonesia maupun Jepang hadir membawakan paper kemajuan dan rencana kerja 2018.

Banyak kemajuan yang diperoleh oleh kedua belah pihak selama kerjasama berlangsung 4 tahun.

 

satrep-1

 

satrep-2

 

satrep-3