Penyuluhan Bencana Gerakan Tanah

Bidang Mitigasi Gerakan Tanah dalam rangka melakukan sosialisasi terkait bencana gerakan tanah, mengadakan kunjungan berupa penyuluhan ke beberapa sekolah di Kabupaten Magelang. Pada hari Senin, 4 September 2017, penyuluhan dilakukan di SMKN 1 Ngablak dan SMAN 1 Grabag. Kedua sekolah tersebut mewakili dua kecamatan yang terkena banjir bandang yang terjadi pada akhir Bulan April 2017 lalu.

Dari kunjungan ke sekolah-sekolah ini diharapkan adanya keinginan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian tentang kondisi kebencanaan di daerahnya khususnya bencana gerakan tanah dan banjir bandang. Pendidikan kebencanaan di sekolah bertujuan untuk mewujudkan proses pendidikan berkelanjutan sebagai bekal kesiapsiagaan menghadapi bencana ke depan.

Dalam kesempatan ini, perwakilan Bidang Mitigasi Gerakan Tanah, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Gerakan Tanah (PVMBG), Badan Geologi Bandung menyampaikan pengenalan tentang bahaya dan jenis-jenis gerakan tanah secara umum. Kemudian diikuti dengan contoh-contoh kejadian gerakan tanah yang mempunyai dampak signifikan, termasuk kejadian gerakan tanah yang pernah terjadi di sekitar sekolah-sekolah tersebut berada.

Penyampaian materi dilakukan oleh Ir. Imam Santosa, M. Sc. Dan Dr. Ir. M. Ch. Supriyati Dwi Andreastuti selaku perwakilan dari Bidang Mitigasi Gerakan Tanah, didampingi oleh Kepala Sekolah dan Bapak Rudi Yudha sebagai perwakilan dari BPBD Kabupaten Magelang. Penyuluhan dihadiri siswa-siswi dari berbagai jurusan dan beberapa tenaga pengajar, yang aktif memberikan respons berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat penyampaian dilakukan.

Pada akhir sesi, diperkenalkan juga aplikasi Magma Indonesia sebagai wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang kejadian bencana di seluruh Indonesia. Diharapkan agar para pelajar sebagai generasi muda untuk aktif berpartisipasi dalam memitigasi bencana gerakan tanah di daerahnya masing-masing.

 

 

magelang

Suasana Penyuluhan di SMKN 1 Ngablak, Kabupaten Magelang

 

magelang 2

Suasana Penyuluhan di SMAN 1 Grabag, Kabupaten Magelang