Jurnal Laporan Mingguan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Periode 04-10 Februari 2019

Logo_ESDM_Remake_FINAL-2
1. Aktivitas Gunungapi

(1). Aktivitas G. Sinabung: Selama seminggu ini tidak terjadi erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual umumnya gunung cerah, tertutup kabut, dan hujan. Asap kawah teramati berwarna putih tipis sampai tebal tekanan lemah mencapai ketinggian 400 m di atas puncak. Seismograf merekam 20 kali Gempa Hembusan, 3 kali Gempa Tornillo, 2 kali Gempa Hybrid/Fase Banyak, 1 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 5 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 18 kali Gempa Tektonik Jauh.

(2). Gunungapi Agung:Pada minggu ini terjadi satu kali erupsi eksplosif pada Tanggal 8 Februari 2019 Pukul 00:12 WITA. Pada malam hari teramati sinar api di puncak melalui CCTV Rendang dan CCTV Orari di Kota Karangasem. Menurut laporan dari lapangan tidak ada  jatuhan abu. Selama seminggu secara visual gunungapi terlihat jelas kabut, dan hujan. Umumnya asap kawah dari titik bagian timur  teramati berwarna putih tipis dengan ketinggian maksimum 200 meter dari atas puncak. Seismograf merekam 1 kali Gempa Letusan amplitudo maksimum 23 mm selama 1 menit 37 detik, 12 kali Gempa Hembusan, 7 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 6 kali Gempa Vulkanik Dalam, 26 kali Gempa Tektonik Jauh.

(3). Aktivitas G. Anak Krakatau: Pada minggu ini tidak terjadi erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual umumnya gunung tampak cerah sampai berkabut. Pada saat cuaca cerah teramati hembusan asap putih tipis tekanan lemah mencapai ketinggian 100 m diatas puncak. Seismograf merekam 19 kali Gempa Vulkanik Dalam, 2 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 4 kali Gempa Tektonik Jauh.

(4). Aktivitas G. Merapi:Pada minggu ini tidak tercatat erupsi eksplosif/letusan tetapi erupsi efusif berupa pertumbuhan kubah lava dalam laju rendah masih berlangsung. Posisi kubah lava masih stabil, tetapi masih terjadi guguran-guguran, di malam hari tampak luncuran lava pijar. Arah guguran terjadi ke baratlaut dan dominan ke tenggara (Kali Gendol). Volume kubah lava hingga Tanggal 28 Januari 2019 sampai sekarang sebesar 461.000 m3. Tidak terjadi pertumbuhan karena  ekstrusi lava ke permukaan kubah langsung gugur ke lereng dan menghasilkan awan panas guguran (APG). Pada Tanggal 7 Februari 2019 APG meluncur sejauh 2000 m ke arah hulu Kali Gendol. Secara visual cuaca didominasi dengan mendung, berawan dan hujan, kadang-kadang pagi dan malam teramati cerah. Tidak terjadi lahar. Asap kawah teramati berwarna putih intensitas tipis hingga tebal mencapai ketinggian 150 m di atas puncak kawah. Pengukuran gas SO2 dengan DOAS yg teremisikan rata2 sebesar 89,6 ton/hari.Seismogram merekam 366 kali Gempa Guguran, 12 kali gempa MP, 20 kali Gempa Hembusan, 8 kali Gempa LF, 3 kali gempa vulkanik dangkal, 1 kali gempa Awanpanas dan 8 kali Gempa Tektonik. 

2. Kegiatan Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

(1). Pengiriman 3 Tim Tanggap Darurat (TD) masing-masing untuk erupsi G. Agung, G. Anak Krakatau, dan G. Karangetang.
(2). Mengirim Tim Tanggap Darurat Gerakan Tanah ke kota Menado dan Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.
(3). Mengirim Tim Tanggap Darurat Gerakan Tanah untuk menangani banjir bandang di Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.
(4). Mengirim Tim Pasca Bencana Gerakan Tanah atas permintaan Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.

3. Kegiatan Survey/Pemetaan.(Minggu ini tidak mengirim tim survey/pemetaan).

4. Kegiatan Lain.

(1). Mengikuti rapat rencana kajian potensi bencana kota kota besar (jakarta dan  bandung), dihadiri seluruh kabid PVG, PAG,  PMBP, dan PSG, di Ruang Pertemuan Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, pada Tanggal 7 Februari 2019.
(2). Melakukan pendampingan Tim Kerjasama Sekretariat Badan Geologi ke Badan Nasional Penangulangan Bencana terkait penjajakan kerjasama pasca berakhirnya MOU antara Badan Geologi dan BNPB tentang kebencanaan geologi, di Kantor BNPB Jakarta, Tanggal 7 Februari 2019.
(3). Mengadakan konferensi pers diberikan oleh Kapus PVMBG terkait aktivitas terkini beberapa gunungapi seperti Karangetang, Agung, dan Merapi. Dilaksanakan di Ruang Monitoring Gunungapi PVMBG, pada Tanggal 8 Februari 2019 Pukul 16:00-16:30 WIB.
(4). Menjadi narasumber di Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) undangan dari Kemenko Informasi, Jumat, Tanggal 8 Februari 2019, lokasi di gedung auditorium BMKG Kemayoran Jakarta.
(5). Tanggal 2/2/2019 menghadiri  workshop bersama MFRI dan UGM di Museum Gunung Merapi.
(6). Tanggal 6/2/2019 menerima kunjungan Komisi VII DPR RI ke BPPTKG.
(7). Tanggal 6/2/2019 menerima kunjungan SMA Muhammadiyah Sumowono, Ungaran ke BPPTKG.
(8). Tanggal 6/2/2019 menerima kunjungan dari URDI Jepang ke BPPTKG.
(9). Tanggal 7/2/2019 menerima kunjungan dari STTNAS Yogyakarta ke BPPTKG.
(10). Tanggal 7/2/2019 menghadiri rapat koordinasi dengan Jurusan  Geografi, UGM diwakili BPPTKG.
(11). Tanggal 6 Februari 2019 menghadiri rakor di BNPB tentang Percepatan Pematokan Zona Merah di Kawasan Rawan Bencana Geologi di Palu-Sigi-Donggala, Sulawesi Tengah.
(12). Tanggal 6 Februari 2019 menghadiri Rapat Pokja 1 terkait Tindak Lanjut Penanganan Bencana dan Pemanfaatan Data dari JICA (Palu  dan NTB) di Bappenas.
(13). Tanggal 6 Februari 2019 menghadiri rakor di BNPB terkait Hibah Dana JICA untuk rehabilitasi dan renkonstruksi di Sulawesi Tengah.
(14). Menghadiri rapat pembahasan bahan untuk Kepala Badan untuk Pemaparan Pemetaan Potensi Bencana di kota-kota besar di Indonesia.
(15). Menghadiri Penyusunan RAB dan TOR Sistem Peringatan Dini Multi Ancaman Bencana atas permintaan BNPB sebagai koordinator kebencanaan Nasional.
(16). Melayani pemeriksaan BPK dan menyiapkan data dukung TOR dan RAB untuk Review Itjen KESDM di Bandung.
(17). Menghadiri rapat persiapan Tim Terpadu Badan Geologi di PAG Bandung.