Jurnal Laporan Mingguan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Periode 01-07 Juli 2019

Logo_ESDM_Remake_FINAL-2

1. Aktivitas Gunungapi.

(1). Aktivitas G. Sinabung:

Selama minggu ini tidak terjadi erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual umumnya gunung tampak cerah, tertutup kabut, dan berawan. Asap kawah teramati berwarna putih tipis sampai tebal tekanan lemah mencapai ketinggian 400 m di atas puncak. Seismograf merekam 43 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 16 kali Gempa Tektonik Jauh.

(2). Gunungapi Agung:

Pada minggu ini tidak terjadi erupsi baik baik efusif maupun eksplosif. Pengamatan visual selama seminggu gunungapi terlihat jelas sampai kabut/berawan/hujan. Umumnya asap kawah teramati berwarna putih kelabu tipis sampai sedang mencapai ketinggian 300 meter dari atas puncak. Seismograf merekam 8 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Vulkanik Dalam, 1 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 23 kali Gempa Tektonik Jauh.

(3). Aktivitas G. Anak Krakatau:

Pada minggu ini terjadi erupsi tipe letusan sebanyak 8 kali, yaitu letusan kecil tanpa diikuti oleh hembusan asap/abu serta tidak diikuti oleh dentuman. Pengamatan visual selama seminggu gunungapi tertutup kabut. Seismograf merekam 8 kali Gempa Letusan, 13 kali Gempa Hembusan, tremor menerus dengan amplitudo 1-30 mm, 1 kali Gempa Vulkanik Dangkal, dan 7 kali Gempa Vulkanik Dalam.

(4). Aktivitas G. Merapi:

Pada minggu ini tidak tercatat erupsi letusan tetapi erupsi efusif dalam laju rendah berupa intrusi lava menembus kubah lava masih berlangsung. Volume kubah lava minggu ini hasil pengukuran Tanggal 04 Juli 2019 sebesar 475.000 m3. Terjadi amblesan dibagian puncak kubah lava sebelah tenggara. Posisi kubah lava masih stabil tetapi masih terjadi guguran lava dan awan panas guguran (APG). Sebagian besar ekstrusi lava menjadi guguran lava pijar dan APG meluncur ke hulu Kali Gendol. APG pada minggu ini terjadi 1 kali yaitu pada Tanggal 01 Juli 2019 dengan jarak luncur maksimum 1100 m. Secara visual cuaca didominasi mendung, berawan dan hujan, kadang-kadang pagi dan malam teramati cerah. Tidak terjadi lahar. Asap kawah teramati berwarna putih intensitas tipis hingga tebal mencapai ketinggian 200 m di atas puncak kawah pada Tanggal 01 Juli 2019. Seismograf merekam 146 kali Gempa Guguran, 17 kali Gempa MP, 2 kali Gempa Hembusan, 12 kali Gempa LF, 3 kali Gempa Vulkanik Dangkal, dan 10 kali Gempa Tektonik. Dari data guguran dan APG (jumlah dan jarak luncur), kegempaan, deformasi, kimia, dan serta visual, maka dapat dikatakan bahwa aktivitas G. Merapi minggu ini hampir sama dibandingkan dengan minggu lalu. Belum ada perubahan rekomendasi.

2. Kegiatan Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

(1). Mengirim Tim Tanggap Darurat Gunungapi Sinabung Sumatera Utara dan Tim Tanggap Darurat Gunungapi Agung Bali.

(2). Mengirim Tim Tanggap Darurat Gerakan Tanah ke Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan kaji cepat gerakan tanah atas permintaan BPBD Kabupaten Solok.

3. Kegiatan Survey/Pemetaan.

(Minggu ini tidak mengirim tim survey dan pemetaan)

4. Kegiatan Lain.

(1). Tanggal 01-03 Juli 2019 menghadiri persiapan penilaian pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Nasional di lingkungan KESDM. Acara berlangsung di Hotel Allium dan BPSDM Migas-Cepu.

(2). Tanggal 02 Juli 2019 menghadiri rapat koordinasi Badan Geologi-BMKG di Ruang Batek Gedung Heritage Lt. 2, KESDM, Jakarta.

(3). Tanggal 04 Juli 2019 menghadiri undangan perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat di Rumah Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jl. Taman Surapati No. 3, Menteng, Jakarta.

(4). Tanggal 05 Juli 2019 menghadiri Gender Equality Disscusion berkaitan dengan program kerjasama Badan Geologi dengan New Zealand di bidang panas bumi, Women in Geothermal (WING) di Ruang Rapat Meratus, Lt. 2 Gedung AF Lasut I, Jl. Diponegoro No. 57, Bandung.

(5). Tanggal 03 Juli 2019 mengadakan sosialisasi aktivitas G. Merapi terkini di Desa Sinduharjo Kecamatan Ngaglik, Sleman diwakili oleh BPPTKG.

(6). Tanggal 04 Juli 2019 menerima kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang ke BPPTKG.

(7). Tanggal 02 Juli 2019 menerima Kunjungan tim JICA ke PVMBG untuk berdiskusi tentang peta bahaya Tsunami Prov. Sulawesi Tengah.

(8). Tanggal 03 Juli 2019 menghadiri rapat koordinasi di kantor Bappenas mengenai pemaparan hasil survei dan analisis geologi calon lokasi Ibu Kota Negara.

(9). Tanggal 04 Juli 2019 menghadiri rapat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengenai penyusunan baseline peta ancaman tsunami Indonesia di prasarana perikanan.

(10). Tanggal 04 Juli 2019 menghadiri rapat koordinasi di kantor BNPB mengenai kerjasama internasional terkait rencana studi arsip kebencanaan Indonesia.

(11). Menghadiri FGD di Kementerian ATR mengenai koordinasi strategis serta konsolidasi data dan perencanaan dalam rangka penyusunan RDTR di Kabupaten Lombok Utara. Narasumber dari BNPB, Kementerian PUPR, Kanwil BPN NTB, PVMBG, PuSGeN, dan BIG.

(12). Menjadi narasumber rapat di Pusdatin PUPR terkait pengelolahan kebencanaan di Pulau Lombok.

(13). Menerima konsultasi pemetaan ZKGT mengenai dampak Gempa Lombok dan Gempa Palu.

(14). Menghadiri penerimaan penghargaan ESDM dari Dirjen Minerba untuk siaga bencana, banjir, dan tanah longsor di Provinsi Bengkulu.

(15). Memberi bimbingan kepada mahasiswa yang melakukan KP Gerakan Tanah di PVMBG.