G. Batutara

G. BATUTARA, Nusa Tenggara Timur pdf_icon_transparent
1

KETERANGAN UMUM   
Nama Lain :

Pulu Komba, Pulu Kambing II, Pulu Betah

Nama Kawah :

Batutara terletak di pulau berbentuk bulan sabit yang berukutan (700 x 900) m dan (350 x 200) m di bagian dasarnya.

Tipe Gunungapi :  Strato
Geografi Puncak :

7°47'30" LS dan 123°34'45" BT

Administrasi

:  Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (berada di laut Flores, 48 km di utara Pulau Lembata)
Ketinggian :  Puncak gunungapi ini berada pada ketinggian sekitar +470 m diatas muka laut atau 3.750 m diatas dasar laut.
Kota Terdekat :  Patar - Lembata
Pos Pengamatan :  Aktivitas G. Batutara diamati secara visual dari Pos Pengamatan G. Lewotolo di P. Lembata

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak

Gunungapi ini dapat dicapai dari daerah Pantar - P. Lomblen menggunakan kapal charter atau perahu layar mencapai ke lokasi ini atau dari salah satu di daerah Flores Timur, karena memang tidak ada transportasi yang tersedia secara rutin untuk singgah ke pulau ini serta tidak ada penduduk yang bermukim di pulau ini. Pelayaran mencapai lokasi gunungapi ini dari daerah Pantar diperkirakan sekitar lk 1 hari, cuaca dan musim disarankan perlu diperhitungkan.

2

Peta Lokasi G. Batutara

Demografi

Didaerah ini tidak dijumpai penduduk yang bermukim di Pulau ini, karena merupakan pulau terpencil di Laut Flores. Pada umumnya hanya disinggahii oleh para nelayan yang secara kebetulan melewati di sekitar pulau ini.

Wisata

Potensi wisata maritime di sekitar wilayah gunungapi ini sangat menarik, terutama untuk penyelam. Dasar laut tampak jelas di sekitar dekat pantai di pulau ini, terlihat pemandangan dasar laut yang sangat indah dan belum terjamah oleh kegiatan manusia, dan masih tampak sangat alamiah (natural).