G. Banua Wuhu

G. BANUA WUHU, Sulawesi Utara pdf_icon_transparent

KETERANGAN UMUM   
Nama Lain : Banua Buaya
Lokasi   
a.Geografi :

3º 08'16" LU dan 125º29'26" BT

b.Administratif :

Sebelah Barat daya P. Mangehetang, Kepulauan Sangihe, Propinsi Sulawesi Utara.

Ketinggian :  Pada tahun 1835 setinggi 90 m dan Nopember 1919 setinggi 12 m di atas muka air laut, tetapi pada Mei 1935 di bawah laut. Tinggi di dasar laut lebih dari 400 m
Kota Terdekat :  Tagulandang
Tipe Gunungapi :  Gunungapi di bawah laut
Pos Pengamatan :  Tidak ada

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak

Hanya dapat dilakukan dengan perahu atau sekoci dari kapal induk atau dari Tagulandang.

Demografi

Gunung Banua Wuhu terdapat sebelah baratdaya P. Mahengetang yang mempunyai luas kira-kira 1 km2, penduduk yang tinggal di pulau ini tidak tercatat dengan pasti, umumnya hanya para nelayan dan pengelola kebun kelapa. Para penduduk hanya menempati daerah yang agak datar, bahkan bekas kawah tua yang agak datar dipergunakan sebagai tempat pemukiman.

Kemmerling (Mei 1921) mengatakan bahwa P. Mahengetang yang berada di sebelah timurnya merupakan sebuah kampung kecil yang berpenduduk 200 jiwa yang setiap saat dapat berpindah ke tempat lain, tetapi setelah 81 tahun lamanya apakah kampung tersebut pada saat ini merupakan perkampungan yang lebih padat lagi penduduknya tidak ada data penduduk yang dapat dibuat sebagai acuan.

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi

Karena gunungapi ini merupakan gunungapi bawah laut yang bila terjadi erupsi eksplosif akan merusakan daerah puncaknya, sehingga gunungapi ini kadang-kadang muncul di permukaan dan kadang-kadang tidak nampak di permukaan laut. Sumberdaya gunungapi yang terdapat di gunungapi ini dapat dikatakan tidak ada. Bila gunungapi ini muncul di permukaan laut yang tersusun oleh aliran-aliran lava yang menjulur ke laut, maka sumberdaya gunungapi ini berupa bahan bangunan dari batuan beku.

Wisata 

Obyek wisata yang dapat dikembangkan di gunungapi ini tidak ada. Bila memungkinan merupakan obyek wisata erupsi gunungapi yang dapat dilihat dari P. Mahengetang yang berada di sebelah timur gunungapi bawah laut Banua Wuhu.