G. Anak Ranakah

G. ANAK RANAKAH, Nusa Tenggara Timur  pdf_icon_transparent
1



KETERANGAN UMUM   
NAMA GUNUNGAPI :

 G. ANAK RANAKAH

NAMA LAIN :

 Namparnos

NAMA KAWAH :

 -

LOKASI

a. LOKASI ADMINISTRASI :  Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur
b. LOKASI GEOGRAFI :  8°36'22" LS dan 120°32'13" BT
KETINGGIAN :
 ± 2247,5 m dpl
KOTA TERDEKAT :  Ruteng
TIPE GUNUNGAPI :  Strato
POS PENGAMATAN :
 Desa Waerii, Kab. Manggarai, Ruteng 86551 - NTT
Posisi Geografis : 08° 36' 42,84" LS, 120º 30' 06,90" BT (1300 m dpl)

 

2

Peta Lokasi G. Anak Ranakah, Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur

PENDAHULUAN

Pencapaian Puncak

Untuk mencapai puncak gunungapi Anak Ranakah, dari Ruteng (ibukota kabupaten Manggarai) dapat kita gunakan kendaraan roda 4 melalui kampung Robo (Pos PGA Ranakah) sampai puncak Gunung Ranakah (Tower Telkom), kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama lebih kurang 45 menit kita akan sampai di kubah G. Anak Ranakah (gunungapi aktif saat ini).

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi

Bahan galian C yang digunakan sebagai bahan bangunan merupakan sumberdaya gunung Anak Ranakah yang selama ini sudah biasa di tambang oleh masyarakat setempat, yaitu pasir dan batu yang berasal dari endapan awan panas dan lava. Serta energi panas bumi yang berlokasi di Ulumbu/Pocok Leok yang akan digunakan sebagai sumber energi untuk pembakitan tenaga listrik dengan potensi terduga sekitar 200 MWe yang dikelola oleh Pertamina.

Wisata

G. Anak Ranakah dan sekitarnya merupakan gunungapi yang menarik bagi para wisatawan domestik atau mancanegara, karena G. Anak Ranakah merupakan salah satu bentuk kerucut dari rangkaian kerucut ditepi kaldera Pocokleok, sehingga membentuk sebuah panorama alam yang sangat indah, juga didukung oleh udaranya yang segar dan lingkungannya yang masih tradisional.