Informasi Letusan G. Merapi 1 Juni 2018

merapi

 

INFORMASI ERUPSI G. MERAPI

Telah terjadi erupsi G. Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tanggal 01 Juni 2018 pukul 08:20 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 6.000 m di atas puncak (± 8.968 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabudengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 77 mm dan durasi ± 2 menit.


Karena ketinggian kolom erupsi melebihi 6000 m di atas permukaan laut maka VONA telah dikeluarkan dengan kode warna RED. Kode warna VONA dapat berubah sesuai dengan kondisi terkini.

Saat ini G. Merapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi :

  1. Kegiatan pendakian G. Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.
  2. Radius 3 km dari puncak G.Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk.
  3. Masyarakat yang tinggal di KRB lll mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas G.Merapi.
  4. Jika terjadi perubahan aktivitas G.Merapi  yang signifikan maka status aktivitas G. Merapi akan segera ditinjau kembali.
  5. Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenahi erupsi G.Merapi yang tidak jelad sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan G.Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, melalui website www.merapi.bgl.esdm.go.id, media sodial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG, Jalan cendana no. 15 Yogyakarta, telepon (0274)514180-514192
  6. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi G.Merapi saat ini.

SUMBER DATA KESDM,

Badan Geologi,

PVMBG Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi

https://magma.vsi.esdm.go.id/