Laporan Singkat Pemeriksaan Gerakan Tanah Di Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur

Laporan singkat hasil pemeriksaan tim paska bencana gerakan tanah di wilayah di Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur berdasarkan Surat Permohonan Kajian Geologi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo dengan nomor 360/305/426.205/2018 sebagai berikut :

1. Lokasi Pemeriksaan

Pemeriksaan lokasi potensi gerakan tanah dilakukan di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Secara geografi terletak pada koordinat 07° 56’ 52,00 LS dan 113° 01’ 37,3” LS.

 

2. Kondisi daerah pemeriksaan :
  • Morfologi : Lokasi pemeriksaan berada pada lereng Gunung Bromo sebelah timur dengan kemiringan lereng terjal sampai sangat terjal (>50°). Lokasi pemeriksan berada pada ketinggian lebih dari 1970 meter diatas permukaan laut.
  • Geologi : Berdasarkan Peta Geologi Gunungpi Bromo – Tengger, Jawa Timur (A. Zaenudin, 1994), daerah pemeriksaan disusun oleh endapan jatuhan piroklastik Ngadas berwarna coklat, berbutir halus – sedang, pasir dan abu, batuapung lapuk berwarna kemerah-merahan dan kekuning-kuningan dengan beberapa fragmen litik kecil, terpilah buruk,  masiv, agak terkonsolidasi, lapuk dan mengandung arang kayu. Berdasarkan hasil pemeriksaan di lokasi, batuan dasar penyusun daerah pemeriksaan berupa aliran piroklastik berbutir halus dengan warna coklat kemerahan.
  • Tata Guna Lahan : Tataguna lahan di daerah pemeriksaan berupa pemukiman dan ladang yang didominasi oleh tanaman kentang.
  • Keairan : Air pada daerah ini tidak cukup melimpah. Mata air berada pada sungai-sungai yang berjarak cukup jauh dari lokasi pemeriksaan.

 

3. Potensi Gerakan Tanah

Berdasarkan Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah Kabupaten Probolinggo (PVMBG, 2017), lokasi pemeriksaan berada pada zona kerentanan gerakan tanah Menengah artinya daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Pada lokasi pemeriksaan tidak ditemukan adanya tanda-tanda gerakan tanah namun pada bahu jalan menuju Desa Wonokerso terdapat longsoran bahan rombakan yang merusak sebagian bahu jalan.

 

4. Rekomendasi Teknis

Daerah pemeriksaan berada pada zona kerentanan gerakan tanah menengah serta memiliki kemiringan lereng terjal sampai sangat terjal, maka direkomendasikan:

  • Masyarakat yang tinggal di lokasi pemeriksaan khususnya yang berada pada lereng harus meningkatkan kewaspadaannya terutama pada saat dan setelah hujan dengan durasi yang lama;
  • Lereng-lereng yang terjal sampai sangat terjal agar dibuat lebih landai dengan cara terasering;
  • Tidak mengembangkan atau membangun rumah pada tebing lereng;
  • Jika muncul retakan tanah, segera diisi dengan tanah liat dan dipadatkan serta melaporkannya ke aparat yang berwenang;
  • Pengaturan saluran drainase dengan saluran yang kedap air serta mengalirkannya menjauhi lereng;
  • Pemeliharaan vegetasi berakar kuat dan dalam untuk menahan lereng;
  • Pembuatan rambu-rambu rawan longsor pada jalan-jalan yang berpotensi terjadinya gerakan tanah;
  • Pembuatan dinding penahan pada jalur jalan vital yang dilewati kendaraan tonase tinggi;
  • Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mengenal dan memahami gerakan tanah dan gejala-gejala yang mengawalinya sebagai upaya mitigasi bencana akibat gerakan tanah;

 

 

LAMPIRAN

Sumber 1 (270418)

Gambar 1. Peta lokasi pemeriksaan di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur

 

Sumber 2 (270418)

Gambar 2. Peta Geologi Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur

 

Sumber 3 (270418)

Gambar 3. Peta zona gerakan tabah Kota dan Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur

 

Sumber 4 (270418)

Gambar 4. Peta situasi Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur

 

Sumber 5 (270418)

Gambar 5. Peta situasi Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur

 

Sumber 6 (270418)

Foto 1. Lokasi pemeriksaan daerah rawan gerakan tanah di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

 

Sumber 7 (270418)

Foto 2. Rumah yang berada pada tebing di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Diharapkan agar dibuat penguatan pada lereng.

 

Sumber 8 (270418)

Foto 3. Longsoran pada jalan menuju Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

 

Sumber 9 (270418)

Foto 4. Salah satu longsoran pada tebing  pada jalan menuju Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

 

Sumber 10 (270418)

Foto 5. Batuan penyusun daerah pemeriksaan berupa endapan jatuhan piroklastik Ngadas

 

Sumber 11 (270418)

Foto 6. Sosialisasi dari tim PVMBG kepada aparat dan warga Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo mengenai mitigasi gerakan tanah di daerah tersebut.

 

Sumber 12 (270418)

Foto 7. Sosialisasi Gerakan Tanah Kecamatan Sumber, Probolinggo kepada warga dan Camat Sumber