Laporan Singkat Pemeriksaan Lahan Relokasi Di Kecamatan Takokak, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat

Laporan singkat hasil pemeriksaan tim pasca bencana untuk lahan relokasi di wilayah di Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, sebagai berikut:

A. Lokasi Lahan Relokasi Desa Waringinsari

 1. Lokasi Lahan Relokasi

 Secara geografis rencana tempat relokasi terletak pada 7°11'19.40"S dan 106°58'52.40"E. Secara administrasi terletak di Kampung Bunut RT 01/03, Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak. Lokasi ini berjarak 200 m dari jalan desa utama. Pada lokasi ini tidak ada kenampakan gerakan tanah.

 

2.   Kondisi Lahan Relokasi 

  • Morfologi: Lahan relokasi berada pada morfologi bergelombang lemah dengan kemiringan lereng antara 5° - 30°. Lahan relokasi ini berada di atas lahan kebun dan pemukiman Desa Waringinsari pada ketinggian 480 meter di atas permukaan laut.
  • Geologi: Berdasarkan Peta Geologi Lembar Jampang - Balekambang, Jawa (RAB Sukamto, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, 1975), batuan penyusun di daerah bencana berupa breksi gunungapi, breksi lahar, breksi tufa, tufa , dan konglomerat (Formasi Beser, Tmbv). Lahan untuk relokasi berdasarkan pengamatan lapangan, tanah pelapukannya berupa pasir lempungan berwarna coklat sampai coklat kemerahan dengan ketebalan mencapai 2 meter.
  • Keairan: Di dekat lokasi ini tidak ditemukan aliran air permukaan (sungai). Namun ditemukan dua lokasi mata air yang bisa ditampung dan dipakai untuk keperluan rumah tangga penduduk, sumur penduduk berkedalaman 6m.
  • Tata guna lahan: Lahan relokasi pada saat pemeriksaan dimanfaatkan sebagai sebagai kebun campuran dengan diselingi oleh tanaman besar berupa pohon albasiah, pohon nangka, dan pisang. 
  • Kerentanan gerakan tanah: Berdasarkan Peta Prakiraan Wilayah Terjadi Gerakan Tanah Kabupaten Berdasarkan Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah Lembar Jawa Bagian Barat (PVMBG, 2004), wilayah lahan relokasi dan sekitarnya,  masuk ke dalam Zona Gerakan Tanah Menengah artinya daerah ini mempunyai tingkat kerentanan menengah untuk terkena gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

 

3.  Kesimpulan dan Rekomendasi

Kesimpulan:

  • Lokasi ini cukup layak untuk dijadikan lahan relokasi dengan beberapa persyaratan teknis seperti yang direkomendasikan.
  • Lokasi ini juga cukup layak untuk dijadikan Hunian tetap.

Rekomendasi: Untuk menghindari terjadinya gerakan tanah dan mengurangi risiko akibat bencana gerakan tanah di lokasi relokasi, maka berikut rekomendasi persyaratan teknisnya:

  • Tata guna lahan di sekitar lahan relokasi pada lereng yang kemiringannya > 10° sebaiknya tetap dijaga fungsinya sebagai kebun campuran dengan tanaman keras dan tidak beralih fungsi menjadi pertanian lahan basah.
  • Jika lokasi ini akan dijadikan pemukiman harus dipertimbangakan juga jarak antara rumah, jangan sampai terlalu dekat dan jangan terlalu padat,
  • Tempat penampungan mata air pada pemukiman harus kedap air dan dialirkan melalui saluran yang kedap air.
  • Penataan drainase (air permukaan maupun limbah rumah tangga) dengan saluran yang kedap air, dengan ditembok atau pemipaan, diarahkan menjauhi lahan relokasi ke arah lembah untuk menghindari peresapan air ke tanah yang dapat memicu terjadinya gerakan tanah.
  • Tipe bangunan yang baik adalah dengan konstruksi ringan atau rumah semi permanen untuk mengurangi pembebanan lereng.
  • Melakukan pelandaian lereng dengan disertai perkuatan pada bagian yang berbatasan dengan lembah/lereng yang terjal.
  • Tidak mencetak lahan basah dan kolam air.
  • Jalur jalan menuju lahan relokasi desa agar diperbaiki aksesnya dengan jalan aspal dan mengikuti persyaratan teknis yang baik

 

LAMPIRAN

 

Takokak 1 (270218)

Gambar 1. Peta Lokasi Lahan Relokasi di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur.

 

Takokak 2 (270218)

Gambar 2. Peta Geologi Lokasi Lahan Relokasi di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur.

 

Takokak 3 (270218)

Gambar 3. Peta ZKGT Lahan Relokasi di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur

 

Takokak 4 (270218)

Gambar 4. Peta Situasi Lahan Relokasi di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur

 

Takokak 5 (270218)

Gambar 5. Penampang AB Lahan Relokasi di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur

 

Takokak 6 (270218)

Foto 1. Peninjauan Lokasi Lahan Relokasi di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur

 

Takokak 7 (270218)

Foto 2. Peninjauan area lahan relokasi di Kp. Bunut, Ds Waringinsari

 

Takokak 8 (270218)

Foto 3. Akses Jalan menuju lahan relokasi di Kp Bunut, Ds Waringinsari

 

Takokak 9 (270218)

Foto 4. Kondisi lahan relokasi di Kp Bunut, Ds Waringinsari