Tanggapan Bencana Gerakan Tanah Dan Banjir Bandang Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah

Tanggapan bencana gerakan tanah di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, berdasarkan berita dari https://kumparan.com/teuku-muhammad-valdy-arief/banjir-bandang-dan-longsor-terjadi-di-jawa-tengah pada hari Minggu, 26 Februari 2017,  sebagai berikut:

1. Lokasi dan waktu kejadian :

Gerakan tanah dan banjir bandang terjadi di Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal. Gerakan tanah dan banjir bandang ini terjadi pada hari Minggu, 26 Februari 2017, pukul 16.00 WIB.

 

2. Jenis bencana :

Bencana gerakan tanah yang terjadi diperkirakan berupa longsoran bahan rombakan dan banjir bandang.

 

3. Dampak gerakan tanah :
  • 11 (sebelas) rumah hancur
  • 2 (dua) orang hanyut belum ditemukan

 

4. Kondisi daerah bencana :

  • Secara umum topografi di sekitar lokasi gerakan tanah berupa perbukitan bergelombang dengan ketinggian lebih dari 1300 m dpl.
  • Berdasarkan Peta Geologi Lembar Banjarnegara (H. Samodra dkk 1996) batuan penyusun di daerah bencana terdiri dari Batuan Gunungapi Jempangan (Qjmf), yang terdiri dari lava dan breksi.
  • Berdasarkan Peta Prakiraan Potensi Terjadi Gerakan Tanah pada Bulan Februari 2017 di Provinsi Jawa Tengah (Badan Geologi), daerah bencana termasuk zona potensi terjadi gerakan tanah menengah-tinggi. Artinya zona potensi menengaah adalah daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sedangkan Zona Potensi tinggi adalah daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

 

5. Faktor penyebab terjadinya tanah longsor diperkirakan karena :
  • Curah hujan yang tinggi dan lama di bagian hulu, pada saat dan sebelum kejadian banjir bandang.
  • Kemungkinan adanya pembendungan material longsor di bagian hulu ke dalam alur sungai.

 

6. Rekomendasi :

Mengingat curah hujan yang masih tinggi, untuk menghindari kerugian yang lebih besar dan jatuhnya korban jiwa, direkomendasikan sebagai berikut :

  • Membersihkan Material banjir bandang di daerah permukiman yang terlanda.
  • Penduduk yang bermukim di alur tempat akumulasi material longsoran dan di bagian hilirnya supaya waspada bila terjadi hujan di bagian hulu.
  • Masyarakat agar waspada jika mengetahui adanya material longsor yang membendung alur sungai/bendung alam dan agar dilakukan pembobolan bendung alam tersebut secara perlahan.
  • Jika masyarakat mengetahui adanya gejala longsor dan banjir bandang tersebut agar melaporkan kepada aparat pemerintahan setempat dan BPBD Kabupaten.
  • Masyarakat setempat dihimbau untuk selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah setempat

 

 

LAMPIRAN

 

Kendal 1 (280217)

Peta Petunjuk Lokasi Gerakan Tanah di Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal

 

Kendal 2 (280217)

Peta Geologi gerakan tanah di Kecamatan Sukorejo dan sekitarnya, Kabupaten Kendal

 

Kendal 3 (280217)

Peta prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah pada bulan Februari 2017, Kabupaten Kendal, Provinsi Kendal

 

WILAYAH POTENSI GERAKAN TANAH

DI KABUPATEN KENDAL, PROVINSI JAWA TENGAH

 BULAN FEBRUARI 2017

Kendal 4 (280217)

Keterangan :

Kendal 5 (280217)