Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Di Timur Laut Buol-sulawesi Tengah Tanggal 27 Agustus 2019

buol

I. Informasi Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Selasa, tanggal 27 Agustus 2019. Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi terjadi pada pukul 13:31:23 WIB, pusat gempa bumi berada pada koordinat 1,27°LU dan 122,05°BT dengan magnitudo 5,0 pada kedalaman 10 km, berjarak 84 km timurlaut Buol, Provinsi Sulawesi Tengah. Menurut informasi USGS-Amerika Serikat, gempa bumi berpusat pada koordinat 1,195°LU dan 122,171°BT dengan magnitudo M 4,6 pada kedalaman 61,8 Km.

II. Kondisi geologi daerah terdekat pusat gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di laut. Daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi umumnya tersusun oleh batuan vulkanik berumur tersier yang mudah longsor dan telah mengalami pelapukan akan memperkuat efek getaran dan rentan terhadap guncangan gempa bumi.

III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan posisi dan kedalamannya, gempabumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas zona penunjaman di sebelah utara pulau Sulawesi.

IV. Dampak gempa bumi

Sampai dengan tanggapan ini dibuat, belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena diperkirakan tidak ada dislokasi di dasar laut dan energinya tidak cukup membangkitkan gelombang tsunami.

V. Rekomendasi

(1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil