Tanggapan Kejadian Gempabumi Tanggal 18 Agustus 2019 Di Laut Timor, Tenggara Rote Ndao, Ntt

NTT 180819

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di Laut Timor, Tenggara Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta dan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sebagai berikut:
1. Informasi Gempa Bumi

 Gempa bumi terjadi pada hari Minggu, 18 Agustus 2019. Berdasarkan informasi dari BMKG gempa bumi terjadi padapukul 14:06:44 WIB, pusat gempa bumi berada pada koordinat 11.45°LS dan 123.94°BT dengan magnitudo M5.1 pada kedalaman 19 km, berjarak 120 km Tenggara Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

 

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

 Pusat gempa bumi berada di laut, wilayah yang dekat dengan  lokasi gempa bumi tersusun oleh batuan yang berumur tersier hingga kuarter, terdiri dari batuan sedimen dan batuan gunungapi, batuan beku malihan dan bancuh. Sepanjang pesisir tersusun oleh endapan alluvium yang bersifat lepas dan belum terkonsolidasi sehingga bisa memperkuat efek guncangan gempa.

 

3. Dampak gempa bumi

 Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan dan korban jiwa yang diakibatkan oleh gempa bumi tersebut.Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena walaupun berpusat di laut namun tidak menimbulkan dislokasi dasar laut.

 

4. Penyebab gempa bumi

 Berdasarkan data kedalaman dan posisi pusat gempa bumi, diperkirakan gempa bumi ini berasosiasi dengan aktivitas zona subduksi lempeng samudera Indo-Australia dengan lempeng benua Eurasia.

 

5. Rekomendasi

  • Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan yang diharapkan lebih kecil energinya.