Tanggapan Gempa Bumi Di Tenggara Enggano, Bengkulu, 11 Agustus 2019

Logo_ESDM_Remake_FINAL-2
I. Informasi Gempa bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Minggu, 11 Agustus 2019, pukul 09:11:08 WIB. Berdasarkan BMKG, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 102.82° BT dan 7.27° LS, dengan magnitudo M5.3 pada kedalaman 10 km, berjarak 222 km tenggara Enggano, Bengkulu. Sedangkan_GFZ, Potsdam_, Jerman mencatat gempabumi terjadi berada pada koordinat 102.95° BT dan 7.19° LS dengan magnitudo M5.2 pada kedalaman 10 km. Gempabumi ini diikuti oleh gempabumi dengan magnitudo M5.2 (BMKG) pada pukul: 11:38:59 Wib berada pada koordinat 102.76° BT dan 7.36° LS, dengan kedalaman 10 km.

II. Kondisi geologi daerah terdekat pusat gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di laut. Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi adalah wilayah Pantai barat Kabupaten Lampung Barat. Daerah tersebut pada umumnya disusun oleh endapan aluvium berupa kerikil, pasir, lanau dan endapan sungai; dan batuan sedimen berumur Mio-Pliosen yang terdiri dari batugamping dan batugamping pasiran, bersifat masiv. Pada batuan yang berumur Kuarter serta batuan berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan bersifat urai, lepas, belum kompak dapat bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi.

III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

IV. Dampak gempa bumi

Gempa bumi ini  terekam dan tidak dirasakan di Pos PGA G. Kaba, Bengkulu.  Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi korban jiwa dan kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini.

V. Rekomendasi

(1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.