Tanggapan Kejadian Gempabumi Di Barat Laut Mbay Nagekeo - Ntt Tanggal 26 Juli 2019

NTT (270719)

Bersama ini kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di perairan Provinsi Nusa Tenggara Timur berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta dan hasil analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  sebagai berikut:
I. Informasi Gempa Bumi

 Gempa bumi terjadi pada hari Jumat, tanggal 26 Julii 2019, pukul 23:59:03 WIB, Menurut BMKG pusat gempa bumi berada pada koordinat 7.64o LS dan 121.04o BT, dengan magnituda 5,0 pada kedalaman 607 km, berjarak 118 km Baratlaut Mbay Nagekeo-NTT. 

 

II. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

 Gempa ini terasa di daerah Baratlaut Flores Timur dan sekitarnya yang disusun oleh batuan vulkanik dan aluvium berumur Kuarter serta batuan sedimen berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan sehingga bersifat, urai, lepas, dan bersifat memperkuat efek goncangan gempa. 

 

III. Penyebab gempa bumi

 Gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan zona penunjaman di Selatan Nusa Tenggara Timur.

 

IV. Dampak gempa bumi

 Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempabumi ini. Gempa bumi ini terekam di Stasiun seismik PGA G. Agung, Bali namun tidak terasa. Demikan juga di Pos PGA Ebulobo dan Inerie, NTT.Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun gempa bumi berpusat di laut, namun pusat gempa bumi terletak sangat dalam dan energinya tidak cukup untuk menimbulkan tsunami.

 

V. Rekomendasi

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari Pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi.
  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diperkirakan energinya lebih kecil.