Tanggapan Kejadian Gempabumi Di Timur Laut Maluku Barat Daya, Maluku, Tanggal 2 Juli 2019

Maluku 020719 

Bersama ini kami sampaikan laporan tanggapan kejadian gempa di timurlaut Maluku Barat Daya, Maluku, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG (Jakarta), GFZ (Jerman), dan USGS (AS) serta analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, sebagai berikut:         

1. Informasi Gempa Bumi

 Terjadi gempa bumi pada hari Selasa, 2 Juli 2019 pukul 03:39:50 WIB. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat 7,56°LS dan 128,49°BT dengan magnitudo 5,4 pada kedalaman 185 km, berjarak 101 km timurlaut Maluku Baratdaya, Maluku. GFZ mencatat gempa tersebut pada 7,56°LS dan 128,42°BT, bermagnitudo M 5,1 pada kedalaman 148 km. Sedangkan USGS mencatat gempa tersebut pada 7,404°LS dan 128,468°BT, magnitudo M 5,0 pada kedalaman 138,6 km.

 

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

 Pusat gempa bumi berada di laut. Lokasi terdekat dari pusat gempa bumi merupakan Kepulauan Babar yang dominan tersusun oleh batuan bancuh berumur PraTersier yang sudah lapuk dan batuan telah tersesarkan kuat. Batuan yang bersifat lepas dan lapuk umumnya akan memperkuat efek guncangan gempa sehingga guncangan gempa akan lebih terasa.

 

3. Penyebab gempa bumi

 Berdasarkan lokasi dan kedalaman pusat gempa bumi, diperkirakan gempa bumi ini berasosiasi dengan aktifitas subduksi Lempeng Australia ke bawah lempeng Eurasia di Laut Banda.

 

4. Dampak gempa bumi

 Sampai dengan tanggapan ini dibuat, belum ada laporan mengenai korban maupun kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena diperkirakan tidak terjadi dislokasi bawah laut.

 

5. Rekomendasi

  1. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai  gempa bumi dan tsunami.
  2. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang umumnya berkekuatan lebih kecil.