Badan Geologi Mengirim Tim Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Solok

  • Gempa bumi merusak berkekuatan M 5,5 terjadi pada tanggal 21 Juli 2018, pukul 14:58 WIB, dengan pusat gempa bumi berlokasi di wilayah Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.
  • Tim tanggap darurat (TD) bencana gempa bumi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi tiba di Sumatera Barat pada tanggal 22 Juli 2018. Tim dikepalai oleh Akhmad Solikhin beranggotakan Athanasius Cipta, Juanda dan Sofyan Kurniawan. Sejauh ini Tim TD telah melakukan pemeriksaan dampak gempa bumi, pengukuran mikrotremor di beberapa lokasi dan mengunjungi Pos Pengamatan G. (PGA) Talang.
  • Tim TD mengunjungi Pos PGA Talang, baik yang berada di selatan G. Talang (Pos selatan di Jalan Padang-Alahan Panjang) serta pos utama yang berada di sebelah timur laut G. Talang (di Kec. Lembang Jaya, Solok). Pos utama tidak mengalami kerusakan berarti akibat gempa bumi, hanya 1 kaca jendela yang retak akibat getaran yang cukup kuat. Sementara itu, pos selatan mengalami kerusakan ringan, dimana dinding bangunan mengalami retakan-retakan.
  • Berdasarkan data kegempaan G. Talang, tidak ada peningkatan yang signifikan dari aktifitas G. Talang. Status aktivitas G. Talang hingga saat ini masih pada Level I (aktif normal).
  • Tim TD juga melakukan pemeriksaan ke sumber air panas Batu Bejanjang yang berada di kaki timur laut G. Talang, dan masyarakat sekitar melaporkan bahwa paska kejadian gempa bumi tidak ada perubahan berarti dari kondisi serta temperatur air.
  • Hari ini Tim TD berencana akan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Solok dan melanjutkan pemeriksaan dampak gempa bumi serta pengukuran mikrotremor.

Solok 1 (240718)
Pemeriksaan sumber air panas Batu Bejenjang, di lereng G. Talang
Solok 2 (240718)
Solok 3 (240718)
Kerusakan di Pos PGA G. Talang
Solok 4 (240718)
Pengukuran mikrotremor di Pos PGA G. Talang