Tanggapan Gempa Bumi Di Baratdaya Kab. Bogor, Jawa Barat, Tanggal 23 Juni 2018

gempa bogor 2I. Informasi gempa bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Sabtu, 23 juni 2018 pukul 23:30:01 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat  6,72°LS dan 106,57°BT (19 km sebelah baratdaya Kab. Bogor, Jawa Barat), dengan magnitudo 3,6 SR pada kedalaman 4 km.  


II. Kondisi geologi daerah terdampak gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di darat. Kondisi geologi di sekitar pusat gempa bumi, pada umumnya tersusun oleh batuan gunungapi dan batuan beku berumur kuarter serta batuan sedimen berumur Tersier. Jenis batuan berumur muda seperti batuan Kuarter biasanya bersifat urai dan dapat mengamplifikasi guncangan gempa bumi. 

III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi ini diperkirakan di sebabkan oleh aktivitas patahan aktif di daerah tersebut. 

IV. Dampak gempa bumi:

Berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan G. Salak (Kec. Cicuruk, Kab Sukabumi) dan G. Gede (Kec. Cipanas, Kab. Cianjur), guncangan gempa bumi tidak dirasakan di kedua lokasi tersebut. Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi ini dirasakan II MMI (Modified Mercalli Intensity) di Gunung Bunder dan Pamijahan. Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena pusat gempa bumi berada di darat. Hingga laporan ini dibuat tidak ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

V. Rekomendasi:

(1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.