Tanggapan Gempa Bumi Papua New Guinea - 7,6 Sr - 26 Februari 2018 S/d 7 Maret 2018

TANGGAPAN GEMPA BUMI PAPUA NEW GUINEA
7,6 SR - 26 FEBRUARI 2018 s/d 7 MARET 2018

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di Tenggara Pegunungan Bintang Papua, Berdasarkan informasi BMKG dan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi adalah sebagai berikut :


I. Informasi gempa bumi

Gempa bumi terjadi pada tanggal 26 Februari 2018 , Pukul 00:44:46 WIB dengan magnitudo 7,6 SR, Pusat gempa terletak pada koordinat 6,09°LS - 142,72°BT, dengan kedalaman 96 km, pada jarak 266 km tenggara Bovendigoel, Papua, Gempa bumi ini diikuti gempa susulan sbb:

paps

 

PAPUA 26 FEB

 

II. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di darat. Daerah dekat dengan pusat gempa bumi tersusun oleh Batuan ultramafik Pratersier dengan lereng terjal, Batuan karbonat dan gunungapi berumur Tersier dan Batuan Kuarter yang bersifat lepas dan berpotensi pencairan lahan di beberapa dataran. Pada daerah yang disusun oleh endapan Kuarter diperkirakan goncangan gempabumi akan lebih kuat karena batuan ini bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran sehingga rentan terhadap goncangan gempa bumi.

 

III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan posisi dan kedalamannya, gempabumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif yang berarah Barat timur.

 

IV. Dampak gempa bumi

Informasi yang berhasil dihimpun dari media kompas.com, kerusakan bangunan terjadi akibat gempabumi 7,6SR. Namun untuk kalkulasi total kerusakannya, masih terus dihimpun oleh BNPB, mengingat akses yang sulit diperbukitan wilayah tengah Papua. Gempa utama dirasakan getaran di sejumlah wilayah Indonesia, seperti Kabupaten Boven Digoel, Tanah Merah, Merauke dan Oksibil. Berdasarkan laporan sementara, bangunan yang rusak antara lain satu masjid, satu pos TNI, gedung SD, kantor distrik, dan sebuah rumah warga di wilayah distrik perbatasan Mindiptanah, Kombut, Arimop di Kabupaten Boven Digoel. Belum ada laporan korban jiwa (Kompas.com).

 

V. Rekomendasi

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.

 

===============================================
Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi
Badan Geologi - KESDM