Tanggapan Gempa Bumi Banggai Kepulauan 5.5 Sr - 4 Maret 2018

TANGGAPAN GEMPA BUMI BANGGAI KEPULAUAN
5.5 SR - 4 MARET 2018

Bersama ini disampaikan tanggapan kejadian gempa bumi di Banggai Kepulauan berdasarkan informasi dari berbagai sumber dan analisis Badan Geologi, sebagai berikut:


I.Informasi gempa bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Minggu, 4 Maret 2018, pukul 10:10:37 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 123,25° BT dan 0,65° LS, dengan kekuatan 5,5 SR pada kedalaman 10 km, berjarak 76 km timur laut Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.


PETA PUSAT GB BANGGAI KEP 04032018


II.Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di darat, sekitar Maliku. Daerah sekitar pusat gempabumi disusun oleh batuan beku Pra Tersier yang kebanyak lapuk kuat, batuan gunungapi Tersier yang telah terlipat dan tersesarkan sehingga mudah longsor pada lereng curam hingga batuan Kuarter (berumu paling muda) berada di sisi utara tepi pantai. Guncangan gempa bumi akan terasa kuat pada batuan Kuarter yang bersifat lepas.


III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan posisi pusat gempa bumi dan kedalamannya, kejadian gempa bumi kemungkinan berasosiasi dengan sesar aktif disekitarnya.


IV. Dampak gempa bumi

Berdasarkan media online, getaran gempa dirasakan di Luwuk, Gorontala, Ampana, serta Buol. Sampai laporan ini dibuat belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat guncangan gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena berpusat di darat.

 

V. Rekomendasi

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.

  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.